HUT RI ke-77, Wali Kota Sutiaji: Semangat Gotong-royong untuk Pulih dan Bangkit Lebih Cepat

Aug 17, 2022 17:14
Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun di Halaman Balaikota Malang, Rabu (17/8/2022). (Foto: Ahmad Amin/JatimTIMES) 
Wali Kota Malang Sutiaji saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun di Halaman Balaikota Malang, Rabu (17/8/2022). (Foto: Ahmad Amin/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun pada 17 Agustus 2022, Wali Kota Malang Sutiaji menekankan bahwa semangat gotong-royong harus terus dilakukan untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. 

Hal itu disampaikan Sutiaji pasca mengikuti rangkaian kegiatan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun di Halaman Balaikota Malang serta mengikuti upacara di Istana Negara, Jakarta secara virtual yang bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang. 

"Sesuai degan tema 'Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat', agar Indonesia pulih dan kuat. Ini harus menyangga semua, sehingga dilakukan percepatan-percepatan, karena potensinya Indonesia itu luar biasa. Di tengah isu global, Indonesia bisa bangkit," ungkap Sutiaji, Rabu (17/8/2022). 

Bendera.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengatakan, peringatan kemerdekaan ini menjadi momentum untuk kembali berjuang memulihkan dan membangkitkan berbagai lini kehidupan usai dua tahun terakhir berjuang melawan Pandemi Covid-19. 

Menurutnya, semangat ini juga sejalan dengan tema kemerdekaan Indonesia tahun 2022 ini, yakni 'Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat". 

Pihaknya juga menyinggung terkait pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (16/8/2022) kemarin, yang menjelaskan bahwa fundamental Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergejolak akibat pandemi Covid-19. 

"Apa yang disampaikan Pak Presiden kemarin itu, pada sambutan tanggal 16 kemarin menyebutkan bahwa Indonesia saat ini sudah menjadi barometer perekonomian dunia," terang Sutiaji. 

Foto bersama.

Selanjutnya, pihaknya menekankan bahwa di momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini, harus menjadi titik balik untuk meningkatkan nilai-nilai patriotisme dan semangat juang. 

Salah satunya dengan menggelorakan semangat gotong-royong untuk kembali bangkit dan memulihkan kembali sektor ekonomi. 

"Sekali lagi nilai-nilai patriotisme kita kuatkan dengan jalan gotong royong. Ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan. Sehingga akan membawa ketangguhan ekonomi bangsa kita semua, semangatnya itu," pungkas Sutiaji. 

Sebagai informasi, gelaran upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun di Halaman Balaikota Malang dihadiri oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Zuhandi, dan Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso. 

Selain itu, hadir pula Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial, Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfahmi, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, Danlanal Malang Kolonel Laut Dewi Lestari, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa dan Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Agus Waluyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru