1 Agustus Masuki Masa Purna, Kepala DLH Kota Malang: Saya Banyak Belajar dari 1.360 Staf DLH

Jul 31, 2022 20:36
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto saat ditemui JatimTIMES.com, Kamis (28/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto saat ditemui JatimTIMES.com, Kamis (28/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto per hari Senin, 1 Agustus 2022 telah memasuki masa pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

"Alhamdulillaah InsyaAllah per 1 Agustus sudah free man, sudah purna," ungkap Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto kepada JatimTIMES.com.

Wahyu menyebut, selama 33 tahun 4 bulan dirinya berkarir sebagai PNS, banyak sekali pengalaman yang ia dapat dari 17 posisi di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Malang. Terakhir Wahyu menjabat sebagai Kepala DLH Kota Malang.

"Saya itu kurang lebih sudah 17 kali berpindah di OPD. Saya pernah di Dishub, Satpol, Asisten, Camat, Dispenda, Bakesbangpol, Dinas Koperasi, Dinas Perumahan, berputar-putar di sana. Ini terakhir di DLH," ungkap Wahyu kepada JatimTimes.

Pejabat publik yang telah malang melintang puluhan tahun di berbagai OPD ini menjelaskan, bahwa di posisinya terakhir sebagai Kepala DLH Kota Malang banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berarti dari 1.360 staf di DLH Kota Malang.

Terkhusus, Wahyu yang kerap kali berinteraksi dengan para staf di lapangan berjumlah sekitar 860 orang itu mendapatkan banyak pelajaran. Mulai dari bagaimana para staf saling bekerja sama dan bekerja keras untuk membuat Kota Malang tampil bersih serta indah.

"Saya kalau memberikan arahan, saya datangi ke tiap-tiap wilayah. Jadi anggota kita yang menjadi pramu kebersihan itu sekitar 860 an. Yang lain di administrasi. Jadi kami selalu mendatangi mereka," ujar Wahyu.

Pihaknya menuturkan, salah satu contoh tindak lanjut yang biasa dirinya lakukan yakni ketika terjadi laporan masyarakat terkait pohon lapuk dan harus segera dipotong, pihaknya langsung memaksimalkan koordinasi serta komunikasi dengan para staf di lapangan. Hal itu dilakukan Wahyu agar laporan masyarakat segera ditangani.

"Sehingga saya tetap mengedepankan masyarakat yang terdepan dan alhamdulillaah dengan cara-cara seperti itu, kita seperti keluarga. Kalau ada keluhan-keluhan segera saya tampung dan komunikasikan alhamdulillah mereka bisa semangat lagi," terang Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu pun berpesan kepada seluruh staf di DLH Kota Malang agar tetap semangat dan terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas Kota Malang.

Pihaknya pun menekankan kepada seluruh staf DLH Kota Malang bahwasannya, gaji yang diterima oleh seluruh staf merupakan uang yang dikumpulkan dari masyarakat. Oleh sebab itu, pelayanan terbaik kepada masyarakat harus selalu diutamakan.

Wahyu juga kerap kali berpesan kepada seluruh staf di DLH Kota Malang agar bekerja secara profesional. "Saya sampaikan, kalau ada petunjuk pimpinan yang tidak bagus jangan dilaksanakan. Sampaikan bahwa itu tidak seperti itu harus sesuai dengan aturan," tegas Wahyu.

Sementara itu, pihaknya berpesan kepada pejabat baru yang nantinya akan menggantikan posisinya sebagai Kepala DLH Kota Malang agar tetap kompak, bekerja secara profesional, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Tetap loyal kepada pimpinan. Kerukunan, keguyuban dan persaudaraan tetap dibina. Tetap harus ada koordinasi pelayanan kepada masyarakat. Sama teman-teman media jangan tabu, jangan memusuhi. Karena informasi apapun kan tetap teman-teman media yang memfasilitasi," pungkas Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru