Urutan 2 dan 4, Dua Desa di Kota Batu Masuk 10 Desa Indeks Desa Membangun Tertinggi

Jun 15, 2022 21:05
Desa Oro-Oro Ombo dijuluki Kampung Slogan. (Foto: Irsya Richa/ JatimTIMES)
Desa Oro-Oro Ombo dijuluki Kampung Slogan. (Foto: Irsya Richa/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Desa Oro-Oro Ombo dan Desa Sidomulyo yang berada di Kecamatan Batu, Kota Batu berhasil masuk dalam daftar 10 desa dengan Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi pada tahun 2022 ini.

Pemberian peringkat 10 Desa dengan IDM Tertinggi Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) dilakukan setelah melewati proses pemutakhiran data IDM berbasis Sustainable Development Goals.

Dari daftar itu Desa Oro-Oro Ombo masuk dalam urut kedua dengan IDM 0.9981 dan pertumbuhan 0.00 persen. Sedangkan Desa Sidomulyo pada urutan ke empat dengan IDM 0.9981 dan pertumbuhan 0.92 persen.

Sementara, IDM merupakan Indeks Komposit yang dibentuk Kementerian Desa PDTT berdasarkan tiga indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Hal ini berkaitan dengan program yang digulirkan Kementerian Desa Republik Indonesia, dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, khususnya pada bidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Oro-Oro Ombo, Wiweko mengatakan, nilai IDM pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya alias sama. Bahkan jika dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan peringkat.

“Dari segi nilai sama, tidak ada kenaikan,” ucap Wiweko. Dirasanya tiada kenaikan pada nilai tersebut karena terdapat kasus di desa tersebut.

Kasus itu terkait dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). “Tahun ini nilainya gak ada kenaikan karena ada kasus KDRT di desa kamu,” tambah Wiweko.

Meski demikian, Wiweko tetap bersyukur dengan peringkat tersebut. Tentunya ke depan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Indeks Desa MembangunDesa di Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru