Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Nasib Pemain Timnas Indonesia yang Karirnya Meredup, Nomor 3 Jadi Pecandu Narkoba hingga Begal

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

16 - Apr - 2022, 15:57

Pesepakbola Timnas Indonesia saat ini (foto: PSSI)
Pesepakbola Timnas Indonesia saat ini (foto: PSSI)

JATIMTIMES - Sepak bola Indonesia selain terkenal dengan dramanya juga kerap mencetak pemain berkualitas pada masanya. Bisa dilihat dari Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti hingga Boaz Solossa.

Tapi nampaknya kita juga harus memberi lebih banyak lagi apresiasi kepada pemain yang pernah membela skuat Garuda dan memberi sumbangsih bagi negara. Karena tak sedikit yang kini karirnya justru meredup setelah tak lagi membela Tim Garuda.

JatimTIMES merangkum beberapa pemain dari Indonesia yang akhirnya banting stir. Bahkan, ada pula pesepakbola yang terjerumus hingga akhirnya sempat merasakan jeruji besi, siapa saja mereka?

1. Maldini Pali

Maldini Pali (foto: istimewa)

Pemain asal Sulawesi Selatan yang namanya mirip dengan legenda AC Milan, Paolo Maldini. Namun nasibnya agak sedikit berbeda.

Bersama Timnas Indonesia U-19 di era Indra Sjafri, Maldini disebut dapat menjadi winger masa depan bagi Merah Putih.

Pernah membela PSM Makassar hingga Sriwijaya FC, Maldini akhirnya berlabuh ke Bhayangkara FC pada tahun 2017. Tapi di sana ia justru tidak mendapat tempat karena kalah bersaing.

Selanjutnya, pesepakbola yang juga sebagai polisi itu berlabuh ke Kalteng Putra. Namun potensi Maldini tidak keluar ketika berada di sana. Hingga kompetisi terserang pandemi pada tahun 2020 lalu.

Hingga kini Maldini tetap berstatus sebagai polisi, tapi informasi tim yang dibelanya belum jelas dimanakah panji tim yang dibela saat ini.

2. Muchlis Hadi

Muchlis Hadi (foto: istimewa)

Pernah disebut sebagai penerus Zaenal Arif, Muchlis Hadi karirnya sempat mentereng kala dipanggil ke Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri.

Usai membela Timnas Indonesia, Muchlis menjadi seorang polisi bersama rekannya yang lain. Tapi pasca menjadi polisi, karirnya justru meredup.

Terakhir Muchlis membela Persib Bandung dan bermain selama 5 kali dengan torehan 1 gol. Setelah itu, hingga pandemi menyerang Indonesia Muchlis tidak lagi memiliki klub.

2021 lalu Muchlis sempat diminati PSM Makassar yang kebetulan membutuhkan sosok striker. Namun hingga kini belum ada informasi yang menyebutkan bahwa anak dari legenda Assyabab itu bergabung dengan Juku Eja.

3. Dedek Hendri

Dedek Hendri (foto: istimewa)

Sempat dielu-elukan akan menjadi penjaga gawang masa depan Indonesia, Hendri yang pernah membela Timnas Indonesia U-18 bersama Ahmad Bustomi dkk, ternyata karirnya berhenti karena narkoba.

Tak hanya itu, Hendri sempat stress lantaran orang tuanya cerai hingga ia sempat menjadi begal bersenjata api.

Bergabung dengan komplotan begal membuat Hendri semakin terjerumus. Bahkan hasil membegal ia gunakan lagi untuk membeli narkoba.

4. Fachri Firmansyah

Fachri Firmansyah (foto: istimewa)

Pemain yang pernah ikut seleksi Timnas Indonesia era Indra Sjafri ini sempat tak lolos karena sesuatu hal. Tapi ia justru lolos di tim U-21 Merah Putih kala akan mengikuti turnamen di Spanyol.

Keberuntungan hanya berpihak sebentar pada Fachri. Sebab tackle dari pemain Levante di Spanyol tahun 2014 saat itu membuatnya cedera. Peristiwa itu membuat impian Fachri buyar hingga ia tak bisa kembali ke lapangan hijau.

Setelah itu, Fachri dikabarkan pernah menjadi kuli panggul di sebuah pasar. Dan melamar sebagai satpam di sebuah perusahaan rokok di Kediri yang gajinya digunakan untuk terapi cederanya.

Nasibnya sungguh tak baik karena dianggap ditelantarkan oleh PSSI dan dibiarkan begitu saja. Bahkan ia sempat membenci sepak bola.

Hingga akhirnya ia menenangkan diri di sebuah pondok pesantren di Jombang. Tapi sebuah pemberitaan membuatnya viral dan kemudian ia dicari oleh ketua umum PSSI yang saat itu dijabat oleh Edy Rahmayadi.

Saat itu, Edy yang kagum dengan perjuangan Fachri justru menawarinya menjadi tentara. Saat ini Fachri resmi menjadi seorang anggota TNI dan merubah nasibnya yang malang usai cedera.

5. Irvin Museng

Irvin Museng (foto: istimewa)

Pernah moncer bersama Timnas Indonesia pada ajang Danone Nations Cup pada tahun 2005 di Perancis, nama Irvin menjadi buah bibir kala itu.

Irvin dan rekannya saat itu pernah membantai Belanda hingga Irlandia saat berlaga di Piala Dunia junior. 

Catatan 10 gol saat itu membuat Irvin dijuluki sebagai bocah ajaib. Sampai Ajax Amsterdam meliriknya dan ingin merekrutnya. Tapi sayang, ia bermasalah pada visa nya sehingga ia gagal dan kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Irvin bergabung dengan PSM Makassar sebelum akhirnya berlabuh ke Pro Duta. Tapi cedera seakan membuyarkan impiannya menjadi pesepakbola handal kala itu.

Di tahun 2014, Irvin memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola. Padahal kala itu usianya adalah usia keemasan pesepakbola.

Namun ia banting stir ke dunia bangunan dan kontraktor. Tapi pada dunia tersebut ia justru menemukan dambaan hati yang membuatnya hidup bahagia hingga dikaruniai anak.


Topik

Olahraga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy