Februari, Kota Batu Miliki Perpustakaan Umum

Jan 10, 2022 15:12
Perpustakaan Umum Daerah di Jalan Kartini, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Perpustakaan Umum Daerah di Jalan Kartini, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Setelah menanti cukup lama akhirnya Kota Batu akan memiliki fasilitas Perpustakaan Umum Daerah. Bangunan yang selesai dibangun akhir Desember 2021 lalu, nantinya bisa dimanfaatkan Februari 2022 mendatang.

“Gedung akan diresmikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bulan depan (Februari 2022),” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Santi Restuningsasi, Senin (10/1/2022). 

Rencananya, lanjut Santi, jika tidak ada halangan akan diresmikan pada 4 Februari 2022 mendatang. Santi juga menambahkan, saat ini gedung tersebut masih dalam masa perawatan oleh kontraktor. Gedung yang memiliki dua lantai dengan desain yang menarik ini rencananya akan diisi kurang lebih 6 ribu buku.

Lalu bagaimana nasib perpustakaan yang berada di Balai Kota Among Tani? Santi mengatakan, perpustakaan tersebut nantinya akan tetap dihadirkan di sana. Sehingga warga Kota Batu bisa memanfaatkan perpustakaan di beberapa lokasi. Termasuk perpustakaan yang berada di Taman Hutan Kota Bondas tetap dihadirkan meski ada perpustakaan umum. Bahkan rencananya yang di sana akan dilakukan renovasi.

“Kenapa direnovasi, karena pengunjungnya banyak. Kemudian tempatnya strategis, mudah dicari. Karena itu akan kami renovasi,” ucap Santi yang juga mantan Kabag Humas Pemkot Batu.

Sementara itu, perpustakaan umum berada di kawasan yang strategis di Jalan Kartini atau berada di kawasan Alun-Alun Kota Batu. Gedung bekas Dinas Cipta Karya Kota Batu itu bersebelahan dengan Batu Tourism Mall. Untuk merenovasi gedung tersebut dianggarkan Rp 2,6 miliar. Dengan sarana dan prasarana penunjang lain, seperti ruang laktasi, penunjang disabilitas, lansia dan anak-anak.

Rencananya 2022 ini untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana lain, Santi bakal mengajukan usulan anggaran baru sebesar Rp 1,5 miliar sesuai arahan dari Perpustakaan Nasional. Bahwa perpustakaan harus bisa mengakses inklusi sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan bahan literasi.

Topik
Cak Thoriq Terpilih sebagai Ketua IKAPMII JatimWalikota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru