Awal 2022, Dua Kepala Dinas Pemkab Malang Bergeser

Jan 03, 2022 21:11
Prosesi sertijab Kepala Dishub Kabupaten Malang.(Foto: Humas dan Prokopim Kabupaten Malang)
Prosesi sertijab Kepala Dishub Kabupaten Malang.(Foto: Humas dan Prokopim Kabupaten Malang)

JATIMTIMES - Dua jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di tubuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang digeser pada awal 2022 ini. 

Pertama adalah kepala Dinas Ketahanan Pangan, yang sebelumnya dijabat  Budiar Anwar sebagai pelaksana tugas (plt), kini dijabat oleh Agung Purwanto. Seebelumnya Agung menjabat sebagai kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang. 

Yang kedua adalah jabatan kepala Dinas Perhubungan (Dishub). Sebelumnya, kadishub diisi oleh Nandang Djumantara sebagai plt. Dan sekarang jabatan tersebut diisi oleh Bambang Istiawan yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan plt kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

Proses serah terima jabatan (sertijab) dilakukan pada Senin (3/1/2022) di Ruang Rapat Anusapati, Pendopo Agung Kabupaten Malang. Prosesi sertijab dipimpin langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, staf ahli bupati, beberapa jajaran pejabat perangkat daerah Kabupaten Malang serta para anggota Tim Penilai Kinerja Kabupaten Malang. 

"Hal ini merupakan wujud amanah, baik dari Allah SWT, pemerintah, maupun masyarakat, sehingga harus dilaksanakan pula dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Untuk itu, mari sejenak kita syukuri bersama, seraya memohon agar amanah yang telah diberikan ke pundak saudara sekalian dapat menumbuhkan semangat baru untuk semakin giat bekerja, melanjutkan tugas serta pengabdian, dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Malang,” ujar Sanusi.

Menurut dia, perspektif kepemimpinan juga harus terus berkembang selaras dengan perubahan-perubahan yang terjadi di berbagai bidang. Di samping itu, aparat pemerintah -terutama seorang pemimpin- harus menguasai teknologi, mengikuti tuntutan dan perubahan zaman, serta tetap harus optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Karena mau tidak mau sebagai seorang pemimpin harus peka, mau mendengarkan, mengamati fenomena yang terjadi, dan tanggap dalam menghadapi masalah. Juga aktif menjalin sinergi untuk menyiasati keterbatasan yang ada. Saya juga sampaikan kepada pejabat pimpinan tinggi pratama yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang agar senantiasa mencermati dinamika dan pengembangan ASN sebagai penggerak roda organisasi,” terang bupati asal Gondanglegi ini.

Untuk itu, Sanusi berharap sekaligus juga berpesan kepada para ASN, utamanya para pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, dapat memaknai hal tersebut sebagai bagian dari upaya percepatan dan akselerasi kinerja yang harus didukung. Untuk mewujudkan hal tersebut, dengan berupaya menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang profesional dan cerdas melalui penguatan budaya kerja sesuai dengan core values ASN Ber-AKHLAK.

"Berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif serta di tahun yang baru ini saya juga mengajak Saudara sekalian, mari kita bersama-sama bergerak cepat dengan semangat baru kerja bersama untuk membangun daerah. Saya percaya dengan potensi yang kita miliki, dan kemauan, serta kerja keras semua pihak,” pungkas Sanusi.

Topik
Bupati Malang SanusiPemkab Malangpelantikan pejabatBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru