Bukan Ahli Pencitraan, Pakar Sebut Rizal Ramli Patut Dipertimbangkan di Pilpres 2024

Oct 21, 2021 13:32
Ekonom Indonesia, Rizal Ramli (Foto: Istimewa).
Ekonom Indonesia, Rizal Ramli (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Indonesia dinilai tengah mengalami multikrisis yang tak hanya masalah ekonomi saja. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang kredibel, berintegritas, dan memiliki prestasi serta pengalaman panjang dalam melakukan perubahan.

Menurut Akademisi dari Universitas Paramadina, DR. Herdi Sahrasad, figur yang tepat untuk memegang kepemimpinan nasional guna membangkitkan kembali Indonesia dari keterpurukan salah satunya adalah begawan ekonomi DR. Rizal Ramli

"Saya melihat Rizal Ramli seorang negarawan, transformer dan problem solver dalam mengatasi keterpurukan ekonomi dan krisis multidimensi guna membangun kembali dan memajukan Indonesia," ujar Herdi Sahrasad, Kamis (21/10/2021).

Memang, Herdi mengakui, bahwa nama Rizal Ramli sangat jarang dimunculkan dalam berbagai survei capres untuk Pilpres 2024. Hal itu, menurut Herdi, lantaran mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu tak disukai oligarki.

"Jadi, masyarakat jangan sampai terkecoh melihat nama-nama figur yang kerap muncul di survei capres. Karena, kalau kita lihat secara jeli, nama-nama itu saja yang selalu dimunculkan. Bisa jadi survei itu sudah didesign sesuai keinginan pemesan," ungkap Herdi. 

Sementara itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) DR. Jerry Massie, mengatakan, figur pemimpin yang bermodalkan pencitraan hanya membawa Indonesia masuk ke jurang krisis yang lebih dalam lagi. 

"Pemimpin yang modal pencitraan tentunya ada cost yang tidak kecil untuk itu. Ada biaya spanduk, buzzer, lembaga survei, dll. Tentunya ada sponsor dibalik itu. Bila figur itu menang, pastinya ada timbal balik untuk sponsor. Buktinya yang terjadi hari ini, oligarki mampu mengendalikan kebijakan, seperti UU Omnibul Law, dan lain sebagainya," beber Jerry. 

Oleh karena itu, Jerry mengingatkan publik agar tak terkecoh dengan permainan oligarki dalam framing figur yang diciptakannya. Masyarakat, kata Jerry, harus melihat sosok pemimpin yang memiliki banyak prestasi, track record yang jelas, dan berani membela rakyat. 

Jerry menilai figur begawan ekonom Rizal Ramli sangat layak dipertimbangkan untuk dijagokan sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Karena track record mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu sangat jelas. Bahkan, tak sedikit dukungan masyarakat terhadap Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

"Masalah Indonesia hari ini salah satunya adalah ekonomi. Saya rasa dengan pengalaman Rizal Ramli yang begitu banyak, seperti mengurangi utang dan menggenjot pertumbuhan ekonomi di era pemerintahan Gus Dur dari minus 3 persen menjadi positif 4,5 persen, menjadi bukti bahwa ia mampu menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan bagi Indonesia," ujar Jerry.

Jerry meyakini Rizal Ramli sangat mampu bersaing dengan nama-nama tokoh yang kerap dimunculkan lembaga survei.

Topik
direksi pdp kahyanganRizal RamliPilpres 2024Berita SurabayaBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru