Tingkatkan Literasi Baca, Kota Batu Bangun Perpustakaan Umum Senilai Rp 1,9 Miliar di Alun-Alun

Oct 09, 2021 15:23
Proses pembangunan perpustakaan Kota Batu di Jalan Kartini, area Alun-Alun Kota Batu, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Proses pembangunan perpustakaan Kota Batu di Jalan Kartini, area Alun-Alun Kota Batu, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sebentar lagi warga Kota Batu bisa menikmati perpustakaan umum Kota Batu. Lokasinya di Jalan Kartini, area Alun-Alun Kota Batu, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Saat ini pembangunan perpustakaan ini masih terus dikebut. Lokasinya bersebelahan dengan Batu Tourism Mall (BTM). Dulunya, gedung itu menjadi kantor Dinas Ciptakan Karya, Kota Batu.

Pembangunan perpustakaan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021. Dengan masa pelaksanaan pembangunan selama 180 hari. “Nilai kontraknya Rp 1.946.083.903. Kontraktor pelaksana, PT Lawang Pitu Dalem,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi.

Dengan gedung yang telah sebelumnya, 70 persen struktur bangunan rehabilitasi. Hal tersebut sudah sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang telah dibuat.

Perpustakaan itu akan terdiri atas dua lantai. Dua lantai itu akan dipenuhi dengan 10 ribu koleksi buku. Ditambah dengan sarana dan prasarana penunjang lain. “Contohnya seperti ruang laktasi," imbuh Santi.

Kemudian ada fasilitas untuk disabilitas, lansia, hingga anak-anak nantinya. Hadirnya perpustakaan Kota Batu sesuai dengan standar sebagai upaya Pemkot Batu untuk meningkatkan literasi baca di Kota Batu.

“Ini juga untuk memfasilitasi warga Kota Batu yang membutuhkan buku nanti mungkin bisa ditemukan di perpustakaan umum,” ungkap Santi yang juga manta Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Batu.

Melihat saat ini memang Kota Batu belum memiliki fasilitas umum layanan bacaan berstandar, seperti Taman Bacaan Masyarakat di Hutan Kota Bondas dan di Balai Kota Among Tani. “Ke depan harapannya agar warga Kota Batu bisa segera menikmati fasilitas bacaan,” harap Santi.

Topik
Kota Batuhari kesehatan jiwa sedunia
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru