Penyesuaian Level 3, Kabupaten Malang Siap Ditunjuk Ujicoba Tempat Wisata

Sep 08, 2021 12:49
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyatakan kesiapannya jika nantinya Pemerintah Pusat memberikan izin atau memberi signal untuk beroperasinya tempat wisata di Kabupaten Malang. Dimana wacana tersebut, sebelumnya juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest) Luhut Binsar Panjaitan saat mengumumkan perpanjangan PPKM pada 6 September 2021 lalu.

Menteri Luhut menegaskan, bahwa rencana uji coba dibukanya kembali tempat wisata kali ini lantaran kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia telah menunjukan hasil yang positif. Di mana hal itu dilihat dari bertambahnya daerah kabupaten atau kota yang turun level. Baik dari level 4 ke level 3, atau level 3 ke level 2.

Rencananya, setidaknya ada 20 tempat wisata di wilayah PPKM dengan kriteria level 3 yang akan diujicoba. Namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dengan mengimplementasikan platform PeduliLindungi.

"Kami masih menunggu arahan dari Pak Menko (Marinvest) terkait Inmendagri, nanti sosialisasinya bagaimana. Baru akan kita bahas dan turut kami sosialisasikan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Rabu (8/9/2021). 

Dari pantauannya hingga saat ini, untuk skala Malang Raya, uji coba tempat wisata kemungkinan besar masih akan dilakukan di Kota Malang. Namun dirinya masih belum bisa memastikan hal tersebut, dan masih menunggu instruksi lanjut dari Menko Marinvest. 

"Ujicoba dulu, jadi tidak langsung. Hanya saja kami siap. Apa saja yang nanti menjadi arahan Pemerintah Pusat kami siap," pungkas Wahyu.

Sebagai informasi, di dalam perpanjangan PPKM ini sejak 7 September lalu. Diketahui masih ada dua daerah di Jawa Timur yang masih berada di kriteria level 4, yakni Kabupaten Magetan dan Ponorogo. Sedangkan ada 11 kabupaten dan kota yang termasuk di kriteria level 2. Dan sebanyak 25 kabupaten kota yang termasuk di level 3.

Topik
TEMPAT WISATADestinasi Wisataujicoba destinasi wisataKabupaten Malangakses kesehatan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru