Cara Membuat Kartu Nikah Digital Secara Online Pengganti Kartu Nikah Fisik

Aug 10, 2021 15:37
Kartu Nikah (Foto: Celebes Media)
Kartu Nikah (Foto: Celebes Media)

INDONESIATIMES - Buku nikah atau kartu nikah menjadi salah 1 bukti penting bagi pasangan suami istri. Sayangnya, membawa buku nikah atau kartu nikah dirasa sangat ribet. 

Oleh sebab itu, saat ini buku nikah atau kartu nikah telah diganti menjadi kartu nikah digital. Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi Kantor Urusan Agama (KUA) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Jajang Ridwan mengatakan, bahwa kartu nikah digital sudah berlaku sejak akhir Mei 2021 lalu.

Penerapan kartu nikah digital ini dilakukan bertepatan dengan peluncuran pencanangan 6 KUA Model oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah pada 29 Mei 2021 lalu.

"Dari 29 Mei udah mulai diterapkan. Tapi yang (kartu nikah) fisik selesai bulan Agustus ini," ujar Jajang. 

Untuk diketahui, penggantian kartu nikah fisik ke digital ini sudah diatur dalam Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 tentang Penggunaan Kartu Nikah Digital yang ditandatangani pada 28 Juli 2021 lalu.

Jajang, lebih lanjut mengatakan, program digitalisasi kartu nikah ini menjadi bagian dari program revitalisasi KUA yang dicanangkan Kemenag. Selain itu, Jajang juga membeberkan masih banyak KUA di Indonesia yang belum memiliki alat penunjang untuk mencetak kartu nikah fisik. 

Hal itu dikhawatirkan bisa membuat para calon pengantin kecewa jika mereka tidak mendapatkan kartu nikah fisik. Oleh sebab itu, Jajang mengatakan sudah sepatutnya kartu nikah bertransformasi menjadi digital. 

Anggaran yang awalnya untuk membuat kartu nikah fisik, lanjut Jajang, bisa dialihkan untuk menunjang program lainnya di KUA.

"Budget untuk kartu dan blanko bisa untuk dialihkan ke yang lain, seperti rekrut SDM KUA juga," kata dia.

Lantas, bagaimana cara membuat kartu nikah digital yang dilakukan untuk calon pasangan pengantin per Agustus 2021. Ini Caranya:

1. Mengisi formulir melalui situs Simkah

Pasangan calon pengantin harus mengisi formulir pendaftaran nikah melalui laman Simkah di www.simkah.kemenag.go.id. Selanjutnya, pasangan calon pengantin dapat mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang  aktif.

2. Cek kotak masuk email dan WhatsApp

Setelah pasangan pengantin selesai melaksanakan akad nikah, kartu nikah digital akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan melalui Simkah. Kartu nikah digital nantinya akan dikirimkan dalam bentuk tautan atau 'link' ke email dan Whatsapp.

Tak cuma bisa dimiliki oleh pasangan yang baru menikah per Agustus 2021, Kemenag mengatakan jika kartu nikah digital tersebut juga diperuntukkan bagi pasangan yang sudah lama menikah.

Berikut cara membuat kartu nikah digital bagi yang sudah lama menikah:

1. Datang ke KUA tempat menikah.
2. Data pernikahan dimasukkan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).
3. Kartu nikah digital akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file.

Topik
zionis nusantaravaksinasi disabilitas ngawiKemenag RIKartu Nikah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru