Penanganan Covid-19 di Kota Malang Kolaboratif, Kabaharkam Polri Beri Apresiasi

Jul 27, 2021 17:54
Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto saat berada di Balai Kota Malang usai mendengarkan pemaparan penanganan Covid-19 dari Wali Kota Malang di Ngalam Command Center, Selasa (27/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto saat berada di Balai Kota Malang usai mendengarkan pemaparan penanganan Covid-19 dari Wali Kota Malang di Ngalam Command Center, Selasa (27/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengapresiasi penanganan Covid-19 di Kota Malang yang kolaboratif melibatkan semua instansi dari jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Malang. 

Pernyataan itu disampaikan usai mendengarkan pemaparan penanganan Covid-19 dari Wali Kota Malang Sutiaji dan Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto di Ngalam Command Center, Balai Kota Malang. 

"Saya katakan luar biasa Wali Kota Malang dan jajaran Forkopimda. Sangat kolaboratif membangun sinergitas untuk menyelamatkan warga masyarakat dari pandemi Covid-19," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Selasa (27/7/2021). 

Jenderal bintang tiga ini menuturkan bahwa kunjungannya kali ini juga sebagai tahap asistensi dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah Jawa dan Bali. 

Perwira tinggi Polri kelahiran Kabupaten Nganjuk ini juga menyampaikan bahwa pemaparan dari Wali Kota Malang Sutiaji dan Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto terkait penanganan Covid-19 di Kota Malang sangat komprehensif. 

"Bisa mempercepat proses penanggulangan Covid-19 di Kota Malang dan ini juga didukung oleh kesadaran warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," ujarnya. 

Selain kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, kata Arief, percepatan penanganan Covid-19 di Kota Malang juga dipengaruhi oleh perilaku masyarakat yang mengikuti arahan dari pemerintah. 

"Untuk melakukan isolasi kemudian diberikan bantuan obat-obatan dan bantuan sosial," tuturnya. 

Mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri ini mengatakan, dengan sinergitas dari jajaran Forkopimda Kota Malang dan dengan diikuti kesadaran masyarakat dalam menanggulangi bahaya Covid-19, sehingga tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan penanggulangan Covid-19 di Kota Malang. 

"Diharapkan rekan-rekan media juga membantu apa yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan ini secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia," tuturnya. 

Perwira tinggi Polri yang pernah berdinas menjadi Kasat Serse di Polres Malang pada tahun 1990 ini menyampaikan bahwa penanggulangan pandemi Covid-19 bukan hanya tanggungjawab segelintir pembuat kebijakan atau aparat yang bertugas. 

"Tapi juga seluruh warga masyarakat dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu membahu bersama-sama untuk menanggulangi Covid-19," tandasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, selain dalam rangka asistensi pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Malang, Komjen Pol Arief Sulistyanto juga ingin memotret konsep PPKM Mikro yang telah berlangsung di Kota Malang. 

"Beliau ingin memotret PPKM Mikro, sepemahaman dengan kita. Apapun jenis PPKM ke depan justru penguatan ada di tingkat RT/RW. Maka apa yang sudah kami lakukan ini akan direplika daerah-daerah lain," ujarnya. 

Dalam penguatan PPKM Mikro di skala RT/RW juga diimbangi dengan penanganan level kota, sehingga memberikan hasil yang optimal dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di Kota Malang. 

"Kami memperkuat penanganan semua aspek terdampak secara sinergi, humanis, aspiratif dan tetap disiplin," terangnya.

Sebagai informasi dalam kunjungannya ke Kota Malang, Komjen Pol Arief Sulistyanto bersama rombongan didampingi jajaram Forkopimda Kota Malang juga melakukan kunjungan ke Safe House Jalan Kawi, Kota Malang. Serta juga meninjau Pos PPKM Mikro Poharin, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Topik
Kabaharkam Polripenanganan Covid 19 kota malangWalikota Malangteknis pembagian bstTinjau tempat isolasi di Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru