Tingkatkan Kemampuan Menulis Dosen, UIN Malang Gelar Workshop Menghadirkan Guru Besar UGM

Jun 22, 2021 18:57
Kegiatan Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal, Selasa (22/6/2021) (Ist)
Kegiatan Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal, Selasa (22/6/2021) (Ist)

MALANGTIMES - Menggiatkan riset dan pengabdian kampus, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal, Selasa (22/6/2021). 

Dalam pelatihan itu, menghadirkan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Irwan Abdullah sebagai pemateri dalam workshop. 

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris, dalam sambutan pembuka mengungkapkan, jika kemampuan dalam menulis karya ilmiah, merupakan hal yang begitu penting. Sebab, hak tersebut merupakan pendukung dalam menunjang jenjang karir akademik sebagai seorang dosen.

13

"Menunjang kenaikan pangkat. Menulis karya ilmiah dengan benar dan sesuai disiplin ilmunya, tentu akan menjadi bukti pemahaman seseorang itu terhadap pengetahuan yang ia tekuni," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika sebagai seorang dosen atau pendidik, tentunya harus mempunyai cita-cita untuk meraih puncak karir akademik yang tertinggi, yakni menjadi seorang Guru Besar atau profesor. 

Dengan capaian menjadi Guru Besar, tentunya tak hanya memiliki manfaat bagi seseorang tersebut, akan tetapi juga akan berimbas pada lembaga. Di mana memiliki nilai ideal sebagai sebuah perguruan tinggi dan semakin memperkuat kapabilitas dari lembaga sebagai sebuah institusi pendidikan.

2

Ketua Panitia Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal, Dr Hai Nur Ali menegaskan, jika workshop ini digelar untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah bagi para dosen maupun para tenaga pendidik agar supaya mereka bisa melakukan research sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Ditambahkannya, terdapat tiga hal yang diorientasikan dalam kegiatan ini, yakni adanya pengembangan kelembagaan, pengembangan keilmuan dan pengembangan kewirausahaan.

"Program workshop ini, merupakan program yang ketiga yang diikuti para dosen di jenjang Lektor dan tenaga pendidik, mereka diharapkan dengan workshop ini diharapkan memiliki tulisan didasarkan penelitian, dan ketika mereka misalnya naik menjadi Lektor atau Lektor Kepala, mereka sudah memiliki tulisan yang berbasis penelitian," pungkasnya.

Topik
UIN MalangUIN MalikiWebinar UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru