Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Korban Gempa Resah Bantuan Tak Jelas, DPRD Kabupaten Malang Angkat Bicara

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

25 - May - 2021, 20:47

Salah satu rumah rusak berat akibat gempa yang ada di Desa Jogomulyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Salah satu rumah rusak berat akibat gempa yang ada di Desa Jogomulyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - DPRD Kabupaten Malang angkat bicara terkait bantuan bagi masyarakat yang terdampak gempa. Bahkan, diakui bahwa bantuan tersebut masih belum merata.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi mengatakan bahwa belum meratanya bantuan itu karena pendataan yang kurang. Hal itu juga didasari dari beberapa kendala di lapangan. “Kami sudah berupaya, dan keterbatasan tenaga verifikasi,” kata Darmadi.

Sebelumnya, pada April lalu Kabupaten Malang diguncang gempa bumi berkekuatan 6.7 SR. Dan baru-baru ini pada Jumat (21/5/2021) wilayah Kabupaten Malang juga terdampak gempa 6.2 SR. Kondisi tersebut menambah kerusakan bangunan yang saat ini mulai diperbaiki.

Namun Darmadi menjelaskan bahwa jika pendataan masyarakat terdampak gempa bumi telah rampung, nantinya bantuan yang sempat digaungkan pemerintah pusat atau pun provinsi segera bisa terealisasi.

“Saat ini masih dalam pendataan dan verifikasi lapangan. Sebelumnya, disampaikan BNPB masyarakat terkena dampak dapat Rp 10 juta sampai Rp 25 juta. Itu masih menunggu data pasti dari Pemkab Malang. Kalau sudah selesai akan dikirimkan agar janji itu terpenuhi. Termasuk dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Politisi PDIP itu menuturkan bahwa penyaluran bantuan memang tidak boleh asal sehingga keakuratan data menjadi ujung tombak ketika nanti bantuan akan disalurkan. “Kemarin ada rumah tumbuh dan sebagainya. Data awal sudah dikirimkan masih ada proses kembali di lapangan. Semua harus by data,” pungkasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya