Tingkatkan Pelayanan, RSSA Malang Tambah Ruang Pasien Cuci Darah

Apr 28, 2021 20:36
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dan mengecek kondisi ruangan baru hemodialisa di RSSA Malang, Rabu (28/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dan mengecek kondisi ruangan baru hemodialisa di RSSA Malang, Rabu (28/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dalam meningkatkan efektivitas dan pelayanan terhadap pasien yang akan melakukan cuci darah, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang menambah ruangan baru hemodialisa khusus untuk memberikan layanan terhadap pasien yang akan melakukan cuci darah. 

Hadir dalam peresmian ruang baru hemodialisa tersebut yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Plh (Pelaksana Harian) Sekretaris Daerah Jawa Timur Heru Tjahjono Kepala Bakorwil 3 Malang Sjaichul Ghulam, Direktur RSSA Malang dr Kohar Hari Santoso, serta para undangan lainnya. 

Direktur RSSA Malang dr Kohari Hari Santoso mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan cuci darah terhadap pasien, dalam ruang hemodialisa telah ditambahkan 45 bed beserta mesin untuk layanan kesehatan. 

"Kita tambahkan 45 bed beserta mesin. Jadi totalnya sekarang ada 102 bed lengkap dengan mesin. Ini untuk mengurangi beban pelayanan cuci darah," ungakpnya kepada MalangTIMES.com, Rabu (28/4/2021).

 

Tampak perlengkapan yang terdapat di ruang hemodialisa RSSA Malang.

Terlebih lagi kata Kohar bahwa penambahan bed juga untuk peningkatan efektivitas kerja para tenaga kesehatan. Karena selama ini, permintaan layanan cuci darah cukup tinggi dan jam pelayanan pun terkadang hingga sampai larut malam. 

"Kami memulai persiapan sekitar pukul 05.00 WIB Lalu pukul 06.00 WIB mulai running pelayanan sampai pukul 23.00 WIB. Selama ini yang kami lakukan itu bebannya berlebihan. Sampai kami bagi sebanyak empat shift (jam kerja, red)," terangnya. 

Dengan diresmikannya ruang hemodialisa yang baru, Kohar mengharapkan agar layanan cuci darah terhadap pasien di RSSA Malang terus ditingkatkan agar memberikan kenyamanan kepada semua pihak, baik itu pasien maupun tenaga kesehatan. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan dalam sambutannya bahwa pihaknya berterima kasih untuk RSSA Malang terus meningkatkan pelayanan, khususnya pada pemenuhan alat kesehatan. 

"Sehingga kebutuhan pokok di Rumah Sakit itu terstandar. Preventif terkait kesehatan memang harus digencarkan dan mengandalkan semua pihak. Saya berterima kasih RSSA yang telah membuka unit baru," ujarnya. 

Khofifah juga berharap agar dengan diresmikannya ruang hemodialisa yang baru, RSSA Malang tidak berhenti untuk terus melakukan inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan terhadap pasien. 

"Harapannya, proses untuk melakukan inovasi bukan hanya di kampus tapi juga di rumah sakit. Kalau ini berjalan sesuai harapan, (nantinya, red) kita punya alat kesehatan yang memungkinkan agar tidak ketergantungan," pungkasnya.

Topik
Berita MalangRSSA Kota MalangKhofifah Indar ParawansaKohar Hari Santoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru