Dilarang Mudik Lebaran 2021, Pelaku Pariwisata di Batu Mengeluh

Apr 22, 2021 12:12
Foto ilustrasi (dok/Jatim Times)
Foto ilustrasi (dok/Jatim Times)

 

BATUTIMES- Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H tahun 2021. Larangan tersebut diberlakukan  pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang dan diikuti seluruh pemerintah daerah.

Namun, pemberlakuan larang mudik tersebut menjadi kendala tersendiri bagi para pelaku pariwisata, khususnya di Kota Batu. Direktur PT Selecta Sujud Hariadi mengatakan, adanya larangan tersebut membuat kunjungan tempat wisata di Kota Batu akan menurun.  Itu mengingat tingkat kunjungan di Batu kini kebanyakan dari luar Kota Malang Raya, yakni sebanyak 50 persen.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelum adanya pandemi covid-19 ini, H+2 Lebaran itu pengunjung sudah banyak. Apalagi pengunjung dari luar kota," ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Menurut Sujud, hal ini perlu disikapi dan dipertimbangkan kembali oleh pihak Pemkot Batu. Sebab, penghasil ekonomi di Kota Batu yakni sektor pariwisata. "Kami berharap agar Pemkot Batu segera merampungkan target vaksinasi terhadap pelaku sektor pariwisata agar, aktivitas pariwisata dan tingkat kunjungannya meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Marketing Manager & PR Jatim Park Group (JTP) Titik S Ariyanto mengaku, adanya larangan mudik itu justru melemahkan sektor pariwisata. Apalagi, sektor wisata adalah tumpuan utama di Kota Batu.

"Semoga segera rampung target vaksinasi terhadap pelaku wisata agar pengamanan terhadap covid-19 bisa teratasi dan pengunjung bisa berkunjung dengan aman," ujarnya.

 

Topik
Larangan Mudik Lebaranperda di kota batuWISATA KOTA BATU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru