Simak! Lulusan SMA Bisa Daftar CPNS sekaligus Sekolah Kedinasan, ini Syaratnya

Apr 16, 2021 15:03
Lulsan SMA bisa Mengikuti Selesksi CPNS dan Sekolah Kedinasan
Lulsan SMA bisa Mengikuti Selesksi CPNS dan Sekolah Kedinasan

JATIMTIMES - Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) tak perlu berkecil hati untuk mengikuti seleksi menjadi pegawai pemerintah. Karena negara juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA untuk mengikuti seleksi CPNS sekaligus Sekolah Kedinasan.

Jebolan SMA  bisa mengikuti seleksi dengan mendaftar sekolah kedinasan atau mengikuti seleksi CPNS pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

Seperti diketahui Pendaftaran untuk sekolah kedinasan telah dimulai pada 9 April lalu. Sedangkan pendaftaran untuk CPNS dan PPPK direncanakan dilakukan pada Mei/Juni 2021.

Untuk diketahui, Pendaftaran bagi sekolah kedinasan telah dimulai pada 9 April lalu. Sedangkan pendaftaran untuk CPNS dan PPPK direncanakan dilakukan pada Mei/Juni 2021.

Hal ini disampaikan Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Teguh Widjinarko bahwa, Tahun ini rekrutmen sekolah kedinasan, CPNS maupun PPPK, membuka ruang bagi masyarakat dengan lulusan SMA/sederajat. Bahkan bagi lulusan SMA /sederajat bisa mendaftar sekolah kedinasan sekaligus CPNS/PPPK.

"Sekolah kedinasan membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA/sederajat. Sedangkan untuk CPNS dan PPPK, memang terdapat formasi untuk lulusan SMA, namun sangat terbatas" ungkap Teguh dalam keterangan pers pada, Jumat (16/4/2021).

Di samping itu juga Teguh menegaskan agar pelamar tetap fokus terhadap pilihannya. "Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, lebih baik fokus terhadap proses seleksi sekolah kedinasan. Demikian juga sebaliknya. Percaya dengan pilihan yang diambil, diikuti dengan ikhtiar, doa, dan usaha yang cukup. Insyaallah hasil yang terbaik," tuturnya.

Teguh menyampaikan, Batas pendaftaran bagi sekolah kedinasan berakhir pada 30 April 2021. Sedangkan pendaftaran CPNS dan PPPK baru dilakukan setelah itu, yakni pada Mei 2021.

Kemudian, persyaratan lowongan CPNS 2021 ini memang belum dijelaskan syarat detailnya. Tetapi, demi mempersiapkan diri sematang mungkin calon peserta maupun yang ingin mendaftarkan diri bisa mengintip syarat daftarnya di tahun 2019 yang lalu.

Pada 2019 lowongan CPNS untuk SMA/SMK tersedia di enam Kementerian dan Lembaga Pemerintah. Antara lain Kemenkumham, Kejaksaan Agung RI, KemenLHK, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan BIn dengan jumlah formasi sesuai kebutuhan masing-masing K/L.

Adapun syaratnya seperti di bawah ini.

A. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemenkumham
Kemenkumham menetapkan syarat CPNS lulusan SMA untuk penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula. Penjaga tahanan diperlukan 2.875 formasi sedangkan pemeriksa keimigrasian diperlukan sebanyak 657 orang di 33 kanwil.

Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemenkumham:

1. Untuk formasi umum serta putra/putri Papua dan Papua Barat:

Bagi pendaftar dengan sekolah dari luar negeri, telah memiliki ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan Kemendikbud
Bagi pendaftar dengan sekolah dari dalam negeri, sekolah telah terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag.

2. Pendaftar formasi penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam e-KTP.

3. Apabila pelamar ingin mendaftar di provinsi lain yang tidak sesuai domisili e-KTP, maka wajib membuat surat keterangan telah tinggal di wilayah tersebut.

B. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI
CPNS lulusan SMA dibutuhkan di Kejaksaan Agung RI untuk formasi pengawal dan pengemudi tahanan. Masing-masih diperlukan seribu orang yang ditempatkan sesuai kebutuhan tiap unit kerja Kejaksaan Agung RI.

Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kejaksaan Agung RI:

1. Memiliki nilai ijazah rata rata 7,00

2. Apabila pendaftar memiliki nilai yang tidak terdapat dalam ijazah maka diambil nilai lain yang setara dengan ijazah

3. Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna biru.

C. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK KemenLHK
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyediakan 80 formasi untuk lulusan SMK pda CPNS 2019. Formasi diperlukan untuk mengisi jabatan polisi kehutanan. Syarat untuk mengisi lowongan tersebut adalah nilai rata-rata dalam transkrip minimal tujuh.

D. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kementan
CPNS lulusan SMK Kementerian Pertanian diperlukan untuk formasi berikut:

SMK bidang peternakan: pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner,
SMK bidang pertanian: pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, pemelihara kebun.

Syarat CPNS lulusan SMK Kementan 2019 adalah:

1. Sekolah harus terdaftar di Kemendikbud

2. Nilai rata-rata ijazah/ujian sekolah rata-rata 7,00

3. Surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai dari Kemenbikbud untuk lulusan sekolah luar negeri.

E. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud

CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud dibutuhkan untuk mengisi formasi teknisi laboratorium serta pemetaan dan penggambaran. Teknisi laboratorium dibutuhkan sebanyak satu orang sedangkan teknisi pemetaan dan penggambaran diperlukan enam orang.

Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud

1. Berasal dari SMK Teknik Kimia untuk pendaftar teknisi laboratorium dan SMK Teknologi dan Rekayasa untuk formasi teknisi pemetaan dan penggambaran

2. SMA/SMK/SLTA sederajat terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag

3. Bagi pendaftar dari sekolah luar negeri mendapat penyetaraan ijazah SMA/SMK/SLTA sederajat dari Kemendikbud

4. Nilai pada Surat Tanda Tamat Belajar rata-rata 7,00.

F. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK BIN
Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan 200 formasi untuk lulusan SMA. Formasi ini untuk mengisi jabatan pranata komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus tenaga pengamanan siber.

Persyaratan khusus untuk CPNS lulusan SMA/SMK BIN adalah berpengalaman minimal dua tahun di bidang keamanan siber. Pengalaman dibuktikan dengan Surat Perjanjian Kontrak Kerja.
 

Topik
jebolan smaserda ucokseleksi cpns 2021

Berita Lainnya

Berita

Terbaru