Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gempa Bumi, Bupati Lumajang Instruksikan Camat Gunakan Kantor Kecamatan Sebagai Posko Sementara

Penulis : Asmadi - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

10 - Apr - 2021, 19:27

Bupati Lumajang saat mengintruksikan Balai Desa jadi posko sementara ( Kominfo)
Bupati Lumajang saat mengintruksikan Balai Desa jadi posko sementara ( Kominfo)

LUMAJANGTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengintruksikan Camat untuk menggunakan Balai Desa sebagai posko korban bencana sementara. 

Intruksi tersebut menyusul terjadinya gempa magnitudo 6,7 SR yang berpusat di barat daya Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021).

“Semua camat, segera identifikasi rumah yang rusak, persiapkan balai desa untuk tempat sementara,” ungkap Thoriqul Haq.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, bahwa tim gabungan dari BPBD Lumajang, TNI dan Polri saat ini tengah melakukan identifikasi sejauhmana dampak gempa yang terjadi.

Indah menyampaikan, berdasarkan laporan sementara dampak gempa mengakibatkan beberapa rumah di Kecamatan Pronojiwo dan Pasrujambe  dilaporkan rusak ringan hingga berat.

Saat gempa warga banyak yang berhamburan ke luar rumah. 

"Beberapa rumah rusak parah dan beberapa rusak sedang ringan ini masih diidentifikasi. Rumah yang rusak tidak hanya di perbatasan Lumajang-Malang saja, namun juga beberapa rumah di sekitar kota juga dilaporkan terdampak," ujarnya.

Selain itu, Indah melaporkan bahwa ada 1 korban jiwa yang meninggal dunia akibat terkena bongkahan batu di KM 55 Piket Nol Lumajang.

Indah mengimbau kepada setiap pengguna jalan di Piket Nol harus tetap waspada selama melintasi jalur tersebut karena rawan longsor. Dirinya juga meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan. 

"Saya mengimbau masyarakat tetap waspada tetapi tidak perlu panik, karena kalau panik akan semakin membuat tidak bisa berfikir jernih dalam mengevakuasi diri mereka," imbaunya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Asmadi

Editor

Moch. R. Abdul Fatah