Kota Batu Rencana Tambah 7 Hidran, Legislatif Sebut Masih Kurang

Mar 09, 2021 13:59
Petugas dan unit Damkar Kota Batu (foto istimewa)
Petugas dan unit Damkar Kota Batu (foto istimewa)

BATUTIMES- Untuk mempercepat penanganan kebakaran, Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu berencana akan menambah 7 unit hidran.

Kepala DPK Kota Batu, Himpun mengatakan, penambahan hidran ini sangat penting untuk menyimpan air. Selain itu juga sangat mempermudah penangan kebakaran. Hal ini bisa mengurangi angka kerugian maupun korban jiwa.

"7 hidran ini akan dipasang di tempat-tempat yang sulit terjangkau di tiga kecamatan Kota Batu. Tentu penempatan hidran juga harus memenuhi kajian, agar akses mobil Damkar jauh lebih cepat dan penanganan maksimal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono mengatakan, dengan adanya penambahan tujuh unit hidran itu dirasa belum cukup. Sebab, Kota Batu sangat luas serta berbukit.

Kendati demikian, anggaran yang diperlukan hanya cukup tujuh hidran saja. Maka dari itu, perlu ada pasokan anggaran pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) mendatang.

"Pemasangan tujuh titik hidran itu anggaran tiap unit Rp 100 juta. Menurut saya itu kurang kalau tujuh unit saja, karena Kota Batu luas," ujarnya.

Ia berharap, dengan ada penambahan hidran ini semoga penempatannya pas dan bermanfaat. "Antisipasi dini harus dicanangkan, meskipun sejujurnya Hari juga tak berharap ada musibah terjadi. Hidran merupakan langkah penyelamatan awal jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran," ujarnya.

Topik
HidranWalikota Batukebakaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru