Tak Lekang Zaman, 2 Unit Mobil Damkar Kota Malang Berusia 60 Tahun yang Melegenda

Feb 02, 2021 08:26
Tampak Mobil Pemadam Kebakaran yang masih aktif digunakan berjenis Truck Isuzu TX20 Series Tahun 1962 milik UPT Damkar Kota Malang, Senin (1/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Tampak Mobil Pemadam Kebakaran yang masih aktif digunakan berjenis Truck Isuzu TX20 Series Tahun 1962 milik UPT Damkar Kota Malang, Senin (1/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Seakan tak lekang oleh zaman, 2 unit mobil pemadam kebakaran milik UPT (Unit Pelaksana Tugas) Pemadam Kebakaran Kota Malang yang telah berusia 60 tahun masih terus digunakan dan masih aktif dalam membantu menjinakkan kobaran si jago merah. 

2 unit mobil pemadam kebakaran milik UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang tersebut termasuk dalam jenis Truck Isuzu TXD20 series yang menggunakan mesin diesel, keluaran tahun 1961 dan tahun 1962. Kapasitas mesin dieselnya pun cukup besar yakni 6.216 cc dengan menghasilkan 138 horse power, menggunakan gear 5 percepatan. 

Baca Juga : Mobil Pengangkut Wisatawan di Ijen Terjebak Longsor

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang Muhammad Teguh Budi Wibowo pun menjelaskan sekilas sejarah 2 unit mobil pemadam kebakaran yang sangat melegenda dan berjasa dalam menjinakkan api yang terjadi di wilayah Malang Raya hingga Pasuruan. 

"Kalau dulu menurut senior saya, ini bisa melakukan pemadaman di daerah Batu, Pasuruan. Dulu kan kalau nggak salah hanya pemadam kebakaran Kota Malang yang punya unit (mobil pemadam kebakaran, red)," ujarnya kepada pewarta.

Seiring berkembangnya zaman, menurut Teguh dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atau pemerintah daerah di wilayah Malang Raya dan eks karisidenan Malang mulai berbondong-bondong mendirikan unit pemadam kebakaran dengan dilengkapi peralatan dan kendaraan pemadam yang terus dikembangkan. 

"Walaupun ada yang masih setingkat UPT, ada yang seksi, ada bidang, ada dinas, tergantung dari pengambil kebijakan yang ada," katanya. 

Menurut Teguh, 2 unit mobil yang melegenda dan penuh sejarah tersebut mulai dioperasikan sekitar di bawah tahun 1990-an yang hingga sampai saat ini masih beroperasi untuk membantu menjinakkan kobaran api di berbagai lokasi. 

"Ini kita sempat gunakan di perempatan Halmahera. Karena kekurangan unit, unit 2 ini kita gunakan, di suplai (air, red) dari unit-unit yang lain. Jadi ini kita mainkan  untuk mendekati titik api. Pompanya kita manfaatkan, mobil yang lain mensuplai kendaraan ini," terangnya. 

2 unit mobil pemadam kebakaran yang berusia 60 tahun tersebut masih digunakan, dikarenakan memiliki beberapa keunggulan. Kata Teguh mulai konstruksinya yang bagus, serta mesin pompa yang layak untuk dipertahankan. 

Baca Juga : 36 Pelajar Dijual ke Pria Hidung Belang, Ini Modusnya

 

"Ini kalau nggak salah buatan Jepang. Tapi ini sebagian sudah di kanibal. Dulu (bermesin, red) bensin, (sekarang, red) dirubah jadi solar," katanya. 

Memang benar bahwa mobil Truck Isuzu TX20 series yang khusus untuk mobil pemadam kebakaran tanpa atap memiliki dua macam jenis, yakni TXD20 series bermesin diesel dan TXG20 series bermesin bensin. Untuk yang bermesin bensin memiliki kapasitas 5.654 cc yang menghasilkan tenaga 140 horse power dengan 4 percepatan. 

Sementara itu, untuk perawatan 2 unit mobil pemadam kebakaran berusia 60 tahun tersebut, menurut Teguh tidak begitu susah karena tidak mudah rusak. Lanjut Teguh bahwa pihaknya merawat mobil pemadam kebakaran yang melegenda tersebut menganggap seperti merawat kendaraan miliknya sendiri. 

"Sedihnya kalau memang salah satu komponen tidak ada, ya kita nyari di loak, mungkin 1 sampai 2 bulan baru dapat, kita pasang. Yang penting jangan sampai kendaraan ini musnah," pungkasnya. 

Sebagai informasi, selain digunakan untuk memadamkan api, 2 unit mobil pemadam kebakaran yang bersejarah tersebut juga kerap kali digunakan sebagai lahan edukasi bagi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga SD (Sekolah Dasar). Hal itu bertujuan untuk mengedukasi sejak dini terkait perlengkapan dan kendaraan yang digunakan petugas untuk memadamkan kebakaran di berbagai lokasi.

Topik
mobil damkar legendaris kota malang mobil damkar legendaris UPT Damkar Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru