Ijen Kembali Diterjang Banjir, Jembatan Kali Pahit Tertutup Longsor, Ini Videonya

Feb 01, 2021 19:21
Banjir terjang Kecamatan Ijen (Foto: Screnshot video)
Banjir terjang Kecamatan Ijen (Foto: Screnshot video)

BONDOWOSOTIMES - Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso kembali diterjang banjir, Senin (1/2/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Banjir kali ini memang tidak separah banjir sebelumnya. Hanya saja, derasnya air dari pegunungan membuat longsor hingga menutup akses jalan menuju wisata Ijen.

Lokasi longsor tepat mengenai jembatan kali pahit. Berdasarkan video yang direkam warga, ruas jalan tertutup oleh material berupa batu dan tanah.

Baca Juga : Selama Januari 2021, 49 Bencana Terjadi di Kabupaten Malang

Sekretaris BPBD Bondowoso Ady Sunaryadi membenarkan jika terjadi banjir di Kecamatan Ijen. Bahkan pihaknya telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) ke beberapa titik dampak banjir. Khususnya menuju jembatan kali pahit untuk melakukan pembersihan agar arus lalu lintas kembali normal.

"Laporan Camat Ijen yang saya terima telah terjadi longsor di kali pahit. Ada mobil terjebak di sana. Kami sudah kirim TRC dan juga sudah berkoordinasi dengan Batalion 514 untuk membantu," jelas Ady.

Pihak BPBD belum bisa memberikan keterangan lengkap terkait dampak banjir di sejumlah titik. Sebab, pihaknya masih akan melakukan identifikasi ke lokasi dan upaya penyelamatan.

“Kami masih akan mengidentifikasi dan melakukan langkah-langkah penyelamatan,” ucapnya.

Sementara video banjir Ijen yang direkam warga mulai beredar banyak di media sosial. Mulai terlihatnya kerusakan pada sebagian fasilitas pemandian air panas di Desa Kalianyar, Dusun Blawan, hingga rekaman video menunjukkan banjir menyeret hewan ternak warga. Tampak warga berupaya menyelamatkan kambing di tengah derasnya air bercampur serpihan pohon.

 

 

Topik
Kecamatan IjenKabupaten Bondowosoditerjang banjirBPBD Bondowosobanjir dan tanah longsor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru