Hujan Disertai Angin, Pohon Tumbang Rusak Pagar Besi Milik Warga di Kota Batu

Feb 01, 2021 14:41
Petugas saat membersihkan material pohon tumbang di jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Senin (1/2/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)
Petugas saat membersihkan material pohon tumbang di jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Senin (1/2/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

BATUTIMES - Beberapa hari terakhir hujan disertai angin melanda Kota Batu. Saat kondisi seperti ini, bencana pohon tumbang tidak bisa terhindarkan, seperti halnya yang terjadi di kawasan jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Senin (1/2/2021).

Pohon tumbang itu terlihat menimpa kabel milik PLN. Kemudian juga menimpa pagar besi milik warga yang berdekatan dengan pohon tumbang, sehingga menjadi rusak sepanjang 3 meter.

Baca Juga : Bertambah, 3 Sekolah di Kota Batu Raih Akreditasi Perpustakaan Nilai A

Sedangkan pohon yang tumbang itu dengan jenis kupu-kupu, memiliki diameter 1 meter dan 10 meter. Petugas pun bergegas untuk melakukan pemotongan dan pembersihan material pohon tumbang dari bahu jalan.

Kemudian agar tidak membahayakan saat pembersihan, petugas melakukan pengaturan lalu lintas dengan satu jalur buka tutup. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan pohon tumbang di Jalan Bukit Berbunga.

Salah satunya yakni angin kencang dan hujan yang mengguyur Kota Batu. Kemudian akar pohon yang telah lapuk menyebabkan tumbangnya pohon kupu-kupu dengan diameter 1 meter dan tinggi 10 meter.

“Saat pohon dengan tinggi 10 meter itu tumbang, membuat material pohon tumbang jatuh dan menimpa kabel milik PLN dan pagar besi milik warga serta menutup separuh bahu jalan,” ucapnya. 

Baca Juga : Bentuk Dukungan untuk Abu Janda, Hastag #KamiBersamaPermadiArya Menggema di Twitter

Menurutnya, ke depan perlu dilakukan pendataan kembali dan perempesan pohon yang rawan tumbang di Kota Batu. “Kemudian melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk perempesan atau pemotongan pohon rawan tumbang tersebut,” tambah Agung. 

Sedang kejadian pohon tumbang ini mengawali adanya bencana di Kota Batu. Sementara itu pada bulan Januari 2021 rata-rata bencana yang masih mendominasi adalah tanah longsor. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hujan deras di kota batuAngin kencang di Kota Batubencana kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru