Rela Pertaruhkan Nyawa, Kapolresta Malang Kota: Petugas Damkar Harus Diapresiasi

Feb 01, 2021 14:28
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat memberikan sambutan dan pengarahan kepada petugas damkar yang selesai melaksanakan orientasi, Senin (1/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat memberikan sambutan dan pengarahan kepada petugas damkar yang selesai melaksanakan orientasi, Senin (1/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata yang hadir secara langsung diacara pembaretan petugas damkar (pemadam kebakaran) Kota Malang mengapresiasi para petugas damkar yang rela bertaruh nyawa untuk padamkan api dan selamatkan nyawa orang lain. 

"Saya atas nama pribadi mengapresiasi dan juga sangat menghargai tugas yang dilaksanakan oleh rekan-rekan dari pemadam kebakaran. Karena anda berjuang mempertaruhkan nyawa untuk menyelematkan nyawa orang lain," ujar perwira yang akrab disapa Leo ini kepada awak media, Senin (1/2/2021). 

Baca Juga : Sasha si Gadis Kentang Ditembak Mati, Ini Reaksi Warganet

 

Lanjut Leo bahwa tugas dari pemadam kebakaran sudah selayaknya diberikan apresiasi setinggi-tingginya. Karena terkadang apa yang dilakukan oleh para petugas pemadam kebakaran malah membahayakan nyawa petugas damkar. "Terkadang malah membahayakan nyawa rekan-rekan sekalian," katanya. 

Perwira dengan 3 melati dipundaknya ini juga mengatakan bahwa pihaknya telah melihat bagaimana upaya dari rekan-rekan damkar saat melakukan pelatihan di beberapa bidang materi yang harus dikuasai. 

"Saya sudah melihat bahwa kegiatan yang dilakukan bukan yang begitu-begitu saja. Tadi saya lihat ada latihan PBB, ada dasar-dasar pemadam, lalu bagaimana praktek-praktek lapangan yang tadi sudah disampaikan oleh pak Kasatpol PP," terangnya. 

Beberapa kegiatan pelatihan tersebut dikatakan Leo harus terus dilatih. Karena akan menjadi bekal dan ilmu yang sangat berguna bagi para petugas damkar dalam melakukan tugas pokok fungsinya. 

"Karena tanpa latihan, ini nanti akan pada saat kita dihadapkan pada kondisi yang sebenarnya mental kita akan diuji disana," ujarnya. 

Leo berpesan kepada seluruh petugas damkar Kota Malang agar terus berlatih dalam memelihara kesiapsiagaan dan kesigapan dalam menjalankan tugas pokok fungsi sesuai semboyan yang selalu diusung dab diilhami oleh para petugas damkar Kota Malang. 

Baca Juga : Sambangi Pasar Tradisional, Tim Razia PPKM Bagi Masker kepada Pengunjung

 

"Saya pesan, tetap terus berlatih memelihara kesiapsiagaan dan kesigapan kita di dalam melakukan tugas pokok kita dengan semboyan tadi, pantang pulang sebelum api padam," tuturnya. 

Sementara itu, Leo juga mengatakan bahwa sebanyak 29 orang yang melakukan orientasi dan pembaretan tersebut merupakan salah satu angkatan yang beruntung dan harus berbangga diri. 

"Pembaretan yang telah dilakukan ini hadir lengkap disini ada Forpimda lengkap. Maka angkatan ini menurut saya adalah satu kebanggaan," katanya. 

Terakhir, Leo berpesan agar suatu kebanggaan ini merupakan titik awal para petugas damkar Kota Malang untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat yang ada di Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kapolresta MalangDamkar Kota Malangpembaretan damkar kota malangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru