Hari Ini Bareskrim Panggil Abu Janda soal Kasus Cuitan "Islam Arogan" dan Dugaan Rasis ke Pigai

Feb 01, 2021 07:24
Abu Janda (Foto: Republika)
Abu Janda (Foto: Republika)

INDONESIATIMES -  Permadi Arya alias Abu Janda dipanggil Bareskrim Polri hari ini Senin (1/2/2021). Panggilan tersebut terkait cuitan Abu Janda yang menyebut "Islam arogan".  

Panggilan terhadap Abu Janda ini  dibenarkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi. "Benar dilayangkan panggilan terhadap Abu Janda," ujarnya.  

Baca Juga : Satpol PP Kota Malang Terus Buru Lokasi yang Langgar Prokes dan Salahi Aturan

Selain cuitan itu, nantinya Abu Janda akan dimintai keterangan soal dugaan rasis terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Dalam cuitannya, Abu Janda pernah menulis “evolusi” yang ditujukan kepada Pigai. "Dalam hal ini mengenai cuitan dugaan rasisme kepada Saudara NP (Natalius Pigai). Yang bersangkutan juga akan kami panggil dalam panggilan yang berbeda," imbuh Brigjen Slamet.

Terkait panggilan Bareskrim Polri ini, Abu Janda memastikan dirinya akan hadir. Menurut dia, tekanan publik juga sudah mulai besar agar dirinya diproses pihak kepolisian.   "Harus datang dong. Kita  warga negara yang baik harus taat hukum," ujar Abu Janda.

Seperti diketahui, cuitan "Islam arogan" itu muncul saat Abu Janda berbalas cuitan dengan Tengku Zulkarnain atau Tengku Zul.  Awalnya Tengku Zul dengan Twitter @ustadtengkuzul memposting unggahan soal kaum minoritas yang arogan terhadap kaum mayoritas di negara Afrika. Akun tersebut juga menyebut kini ulama dan Islam dihina di NKRI.

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, Apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," cuit akun @ustadtengkuzul.  

Baca Juga : Usai Dilakukan Mediasi, 2 Pelaku Pemukulan Insiden Jenazah Tertukar Akhirnya Bebas 

Cuitan itu lalu dibalas oleh Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1 dengan menyebut Islam yang dibawa dari Arab sebagai agama arogan.  "Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan sedekah ritual laut sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," kata Abu Janda.  

"Ritual tradisi asli dibubarin alasan syirik, pake kebaya dibilang murtad, wayang kulit diharamin.. dan masih banyak lagi upaya penggerusan pemusnahan budaya lokal dengan alasan syariat.. kurang bukti apalagi islam memang arogan terhadap kearifan lokal?," lanjutnya dengan akun Twitter @permadiaktivis1.

Topik
Abu JandaBareskrim PolriKasus RasialNatalius Pigai

Berita Lainnya

Berita

Terbaru