Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Ini Layanan Prima Perpus UIN Malang, Pantas Jadi Member International Association of University Libraries

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

31 - Jan - 2021, 14:03

Dari kiri, Kepala Perpustakaan UIN MALIKI Malang Mufid MH, Rektor UIN MALIKI Malang Prof Abdul Haris dan wartawan JatimTIMES Pipit Angraeni saat berada di salah satu sudut ruang perpustakaan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dari kiri, Kepala Perpustakaan UIN MALIKI Malang Mufid MH, Rektor UIN MALIKI Malang Prof Abdul Haris dan wartawan JatimTIMES Pipit Angraeni saat berada di salah satu sudut ruang perpustakaan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (MALIKI) Malang, menjadi salah satu member dari International Association of University Libraries (IATUL). 

Hal itu pantas saja. Sebab, Perpustakaan UIN MALIKI Malang mempunyai berbagai macam layanan prima untuk memanjakan para pengguna perpustakaan. Salah satunya adalah layanan dalam hal pengembalian buku yang dipinjam oleh mahasiswa. 

Baca Juga : 35 Nakes Klinik UMMI dan FKIK UIN Maliki Malang Jalani Vaksinasi

 

Dalam pengembalian buku, mahasiswa yang memang melakukan pinjaman, tak perlu repot-repot harus ke kampus. Mereka bisa mengembalikannya melalui jasa kurir online. Pengembalian buku, kemudian dialamatkan ke Perpustakaan UIN Malang, namun nantinya tak akan langsung menuju perpustakaan.

"Di pos penjagaan, ada blok drop, sehingga kurir-kurir yang mengembalikan buku, meletakkan di sana. Kemudian akan dikembalikan oleh petugas. Pengembalian bisa mengunakan media kurir apapun, misalnya driver online," jelas Kepala Perpustakaan UIN Malang, Mufid MH.

Selain itu, desain tata ruang perpustakaan UIN MALIKI Malang, juga dibuat tak serta merta. Desain dibuat menyesuaikan dengan era milenal, dengan kombinasi warna-warna cerah dan juga sarana-sarana pendukung lainnya yang selaras dengan era saat ini.

"Kita sediakan tempat-tempat menarik dan bagus sehingga menarik mahasiswa. Kita desain ini sebagai learning commerce. Di sini mereka bisa berdiskusi, namun tidak hanya melakukan satu kegiatan saja, mereka bisa melakukan aktivitas lainnya. Di sini dekat dnegan teknologi sehingga mereka bisa mengakses perpustakaan di UIN Malang dan juga perpustakaan di dunia," jelasnya.

Perpustakaan UIN MALIKI Malang juga menyediakan private room yang nantinya akan lebih dikembangkan lagi di lantai dua gedung perpustakaan. Private room tersebut digunakan oleh para peneliti, di mana mereka bisa membawa buku di Perpustakaan UIN MALIKI Malang ke dalam ruangan.

"Dengan begitu, tentunya mereka akan lebih fokus dalam melakukan penelitian," jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris menambahkan, jika pihaknya tak menampik untuk menambahkan ruangan untuk menginap bagi para pengguna perpustakaan, seperti pada masa dahulu kala.

"Kita belum ada, namun tentunya akan kita upayakan untuk menyediakan tempat menginap. Misalnya untuk mereka teman-teman mahasiswa asing. Untuk kapannya (pembuatan tempat menginap perpustakaan), bisa tahun ini atau tahun depan. Namun sebetulnya, saat ini pun kita bisa, karena kita punya asrama," jelasnya.

Untuk para dosen sendiri, juga diberikan akses fasilitas-fasilitas di perpustakaan. Telah banyak para dosen yang memanfaatkan perpustakaan untuk akselarasi percepatan gelar guru besar. Dan terbukti, selama ia memimpin, telah banyak dosen yang meriah guru besar.

"Perpustakaan ini cocok sekali digunakan untuk pertemuan-pertemuan ilmiah. Di mana tentunya di sini dekat dengan sumber, dengan buku yang bisa diakses langsung. Maupun juga mengakses melalui smartphone," pungkasnya.

Baca Juga : Bertekad Wujudkan Kota Layak Lansia, Pemkot Malang Perkuat Regulasi

 

Sementara itu, Perpustakaan UIN Malang sendiri, memiliki banyak koleksi. Buku cetak yang dimiliki berjumlah lebih dari 60 ribu judul dengan jumlah 210 ribu eksemplar. Kemudian perpustakaan juga menyediakan e-book, maupun jurnal internasional yang bisa diakses melalui Smartphone.

 

 

 

 

 

 


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto