Ngopi Asyik di Kota Batu (2)

Nongkrong Bareng Serangga Raksasa, Kafe Omah Semut Ini Sajikan Desain Unik

Jan 31, 2021 10:01
Pengunjung sedang bersantai sambil bermain gawai di Omah Semut. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung sedang bersantai sambil bermain gawai di Omah Semut. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Adakah pembaca yang suka pada serangga? Omah Semut bisa menjadi pilihan untuk ngopi santai sambil menikmati desain unik kafe yang berlokasi di Dusun Rekesan, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Sebab, kafe ini menjadikan semut sebagai ornamen utama yang menghiasi eksterior dan interiornya.

Kota Wisata Batu menjadi pilihan banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Kadang kala, membudlaknya pengunjung membuat suasana di tengah kota sejuk ini cukup padat. Mencari kafe yang berada di pinggiran kota seperti Omah Semut.

Baca Juga : Menikmati Suasana Kafe Tematik di Kota Batu, Beberapa Kedai Kopi Ini Bisa Jadi Pilihan

Dari pusat kota seperti Alun-Alun Kota Batu, jarak ke Omah Semut sekitar 5,1 kilometer. Pengunjung cukup menempuh perjalanan selama 13 menit dengan kendaraan roda 4 atau roda 2. Kafe ini buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Kafe yang baru saja dibuka sekitar tiga bulan lalu ini menambah pilihan kalian yang ingin nongkrong dengan tempat yang unik, nyaman, dan menyejukkan. Apalagi ditambah pemandangan yang menakjubkan yang menjadi latar belakang kafe.

Sebelum sampai di tempat ini, pengunjung juga akan diajak melihat pemandangan kebun apel, pertanian bunga, hingga pemandangan Kota Batu. Lokasinya yang berada di ketinggian, memungkinkan pengunjung menikmati keindahan kerlip lampu-lampu kota saat malam.

Sesampainya di sana, pengunjung langsung disuguhi dengan sculpture atau patung semut-semut raksasa. Sculpture semut yang terbuat dari bahan fiber itu merupakan karya dari Agus Sujito, pemilik kafe Omah Semut.

Agus mengungkapkan, pemilihan semut sebagai ikon lantaran dirinya ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dan unik dibanding kafe-kafe lainnya. “Karena semut ini unik, mereka berkelompok tapi gotong royong. Semangat ini yang diangkat oleh Omah Semut,” ucap Agus.

Ornamen-ornamen semut pun dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga raksasa. Ada juga yang dibuat bergerombol layaknya berjalan di atas tembok. Bagi pengunjung yang suka swafoto, Omah Semut bisa dibilang kafe instagramable.

Di sana, pengunjung bisa memilih tempat indoor atau outdoor. Meski begitu, dari bagian manapun tempat duduk yang dipilih, pengunjung bisa cuci mata melihat pemandangan Kota Batu dan Gunung Panderman.

Salah satu menu unggulan di kafe Omah Semut ini adalah kopi siman. Untuk minuman penghangat tubuh, juga tersedia minuman rempah spesial Omah Semut. Berbagai makanan dan minuman lain pun tersedia dengan kisaran harga mulai Rp 4 ribu saja.

Baca Juga : Menikmati Suasana Kafe Tematik di Kota Batu, Beberapa Kedai Kopi Ini Bisa Jadi Pilihan

“Di Omah Semut bisa menikmati pemandangan Gunung Panderman, lalu bisa lihat Kota Malang dan Batu. Kami juga menjual produk kopi dari desa kami, seperti kopi arjuno dan siman yang menjadi produk unggulan untuk menu kopinya. Untuk kopi siman ini rasanya cenderung asam,” tambah Agus.

Apalagi di sana untuk masalah menu makanan dan minuman, dipercayakan kepada barista dan chefnya. Sehingga bagi pengunjung yang datang bisa menikmati menu yang pastinya enak. “Menu makanan andalan untuk saat ini ada sego empok goreng di Omah Semut,” terang warga Desa Bulukerto ini.

Suasana nyaman semakin memanjakan, karena ornamen-ornamen maupun meja kursi yang dipakai seluruhnya terbuat dari kayu. Bangunan interiornya pun dibuat dengan menonjolkan batu-batuan, batu bata, dan unsur-unsur alami yang didesain dengan apik.

 

Topik
Ngopi Asyik di Kota BatuKafe Tematik di Kota Batukedai kopi di kota batuKafe Omah SemutKafe Unik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru