Tetap Dikawal Ketat, Vaksin Covid-19 Tahap 2 Tiba di Kota Batu

Jan 29, 2021 14:44
Tenaga kesehatan saat mengecek kotak kardus berisi vaksin covid-19 Sinovac yang dijaga oleh polisi di Puskesmas Batu, Jumat (29/1/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat mengecek kotak kardus berisi vaksin covid-19 Sinovac yang dijaga oleh polisi di Puskesmas Batu, Jumat (29/1/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Sejumlah 1.840 vial vaksin covid-19 Sinovac tahap II telah tiba di Puskesmas Batu, Jumat (29/1/2021). Tidak jauh berbeda dengan pendistribusian tahap I, pengawalan juga dilakukan dengan ketat.

Ya, vaksin  itu diberangkatkan dari Surabaya pada pukul 09.00 dan tiba di Kota Batu pukul 12.00 WIB. Sesampainya di Puskesmas Batu, vaksin tersebut dicek kondisi dalam kardus oleh tim tenaga kesehatan di sana. Setelah selesai, gudang penyimpanan berisi vaksin dijaga ketat oleh petugas TNI dan Polri.

Baca Juga : 1 Wakil Forkopimda Kota Malang Batal Ikuti Vaksinasi Hari Ini, Ada Apa?

Mereka berjaga sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan secara bergantian. “Hari ini untuk dropping ke dua Kota Batu dikirimkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timr sebanyak 1.840,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu dr Susan Indahwati.

Vaksin pada tahap II ini ditujukan masih untuk tenaga kesehatan di Kota Batu. Sebab, pada tahap  I, belum semua penerima vaksin ter-cover.

Pada tahap I lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim mendistribusikan vaksin 1.280 vial ke Kota Batu. Dari jumlah tersebut, targetnya pada Selasa mendatang seluruh tersalurkan kepada 630 tenaga kesehatan dan 9  anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu.

“Jumlah di tahap I untuk memenuhi 630 tenaga kesehatan dua kali vaksinasidan untuk 9 orang forkopimda dua kali vaksinasi,” imbuhnya.

Di Kota Batu ada 9 fasilitas kesehatan di Kota Batu yang akan melaksanakan vaksinasi. Lima puskesmas tempat vaksinasi nanti adalah Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji, dan Bumiaji.

Baca Juga : Wakil Wali Kota Batu Gagal Divaksin Gara-Gara Ini

Selain lima puskesmas tersebut, pelayanan pemberian vaksin itu juga akan dilakukan di empat rumah sakit rujukan covid-19 di Kota Batu. Empat rumah sakit rujukan itu juga telah melakukan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Hasta Brata, RS Baptis, dan RS dr Etty Asharto.

 

Topik
vaksin covid 19 SinovacPuskesmas BatuDinas Kesehatan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru