Wawali Kota Malang Divaksin, Tampak Santai dan Sempat Buka Baju

Jan 28, 2021 09:25
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat divaksin Covid-19. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat divaksin Covid-19. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Vaksinasi Covid-19 di Kota Malang dimulai. Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjadi yang pertama divaksin pagi ini (Kamis, 28/1/2021) di Mini Block Office.

Pertama-tama, ia datang ke meja registrasi untuk melakukan urusan admnistrasi, kemudian Wawali beralih ke meja skrining kesehatan.

Baca Juga : Besok Divaksin, Wawali Kota Malang Siap Jadi yang Pertama di Bumi Arema

 

Dalam proses pelaksanaan vaksinasi, tidak kurang ada 15 petugas kesehatan ber APD lengkap menempati pos masing-masing.

Seorang dokter melakukan skrining terhadap pria yang akarab disapa Bung Edi itu, sebelum dilakukan tindakan vaksinasi. Tindakan ini sejatinya sama bagi siapa saja yang nanti akan menjalani vaksinasi.

Usai skrining, Wawali beralih ke meja vaksinasi. Di sana telah menunggu 2 petugas kesehatan. Seorang yang bertugas sebagai vaksinator, seorang lagi asisten vaksinator.

Sebelum bahu kirinya disuntik, Bung Edi tampak membuka baju putih yang ia kenakan untuk memudahkan proses vaksin. Lantaran ketika itu, politisi Golkar tersebut tengah mengenakan kemeja panjang. Dia pun tampak santai dan terlihat tersenyum di balik masker yang ia kenakan. Seusai divaksin, Wawali sempat melambaikan tangannya.

Sebelumnya ia menyatakan bahwa dirinya siap 100 persen divaksin pada hari ini. Menurutnya ini bagian dari upaya pemerintah menekan kasus Covid-19. Hal ini juga sebagai bentuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman.

"Yang terpenting itu kan masyarakat terbentuk dan yakin bahwa vaksin ini adalah ihktiar, upaya yang dilakukan pemerintah untuk membantu masyarakat supaya tidak terpapar. Itu yang utama," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutan pembukaan vaksinasi kali ini menyampaikan masyarakat umum untuk tidak khawatir akan pelaksanaan vaksinasi. Nantinya, vaksin Covid-19 akan menyasar kepada masyarakat umum secara bertahap.

"Saya sampaikan untuk masyarakat tidak perlu khawatir, nanti semua masyarakat akan mendapat semuanya. Kami hadirkan semua tokoh dan pejabat disini, bahwa vaksin ini ikhtiar kita untuk upaya menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Dengan dimulainya vaksinasi hari ini, dimulai pula proses vaksinasi kepada prioritas pertama yakni kepada tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Malang. Yang mana bisa dilakukan di 84 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).

Baca Juga : Wartawan Bakal Dilibatkan dalam Pencanangan Vaksin, ini Tanggapan Ketua PWI Malang Raya

 

"Langsung setelah ini, dilakukan untuk tenaga kesehatan per hari ini hingga akhir Februari 202q mendatang. Vaksinasi bisa dilakukan di Fasyankes di Kota Malang," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni.

Diketahui, vaksinasi tahap pertama ini dilakulan kepada 12 pejabat publik dan sejumlah tokoh masyarakat. Selain Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, vaksin juga duawal telah diberikan kepada Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika.

Kemudian, Kabag Ops Polresta Malang Kota Sutyanto, Kajari Kota Malang Andi Dharmawangsa, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdiyan Primadhona.

Lalu, Ketua Pengadilan Negeri Malang Nuruli Mahdilis, Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya dr Djoko Heri Hermanto.

Selanjutnya dari tokoh agama, perwakilan Muhammadiyah yakni Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang Baroni. Perwakilan NU diwakili oleh Ketua PCNU Kota Malang Isroqunnajah. Perwakilan Influencer, yakni dari Pengusaha Juragan 99, Gilang Widya Pramana.

Ada pula perwakilan dari Persatuan Gizi Kota Malang Rosidah Inayati. Serta, perwakilan dari kelompok disabilitas tunanetra yakni Anjar Rahmansyah.

Topik
vaksinasi perdana kota malangjadwal vaksinasi covid 19 kota malangWakil Wali Kota Malangbung edi divaksinwawali kota malang divaksin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru