Disdikbud Kota Malang Umumkan 10 Surveyor Cagar Budaya Terpilih

Jan 25, 2021 19:51
Proses saat para pelamar tes wawancara dengan Tim Ahli Cagar Budaya. (Ist)
Proses saat para pelamar tes wawancara dengan Tim Ahli Cagar Budaya. (Ist)

MALANGTIMES  - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang telah mengumumkan 10 tenaga surveyor yang terpilih sebagai surveyor cagar budaya tahun 2021.

Pengumuman tersebut disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang Dian Kuntari aat dihubungi media ini, Senin (25/1/2021).

Baca Juga : Pringgitan Pendapa Agung Bakal Dijadikan Cagar Budaya, Pemkab Malang Mulai Lakukan Kajian

Menurut dia, dari 56 orang yang lolos seleksi administrasi dan kemudian menjalani interview langsung dengan tujuh anggota Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang, akhirnya terpilih 10 peserta yang layak menjadi surveyor cagar budaya."Benar sudah kami umumkan di medsosnya Disdikbud," jelasnya.

Sepulub surveyor yang terpilih itu merupakan tenaga yang dari hasil tes dan wawancara dengan Tim Ahli Cagar Budaya memiliki kompetensi dan kriteria yang diharapkan.

Sebelumnya, untuk menjadi surveyor cagar bidaya,  minimal syarat pendidikan  D3 dengan 5 jurusan yang diutamakan, yakni arsitektur, sejarah, antropologi, teknik sipil, dan arkeologi. Calon surveyor juga memiliki pengalaman di bidang kebudayaan. "Harapannya, mereka yang terpilih bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Dian.

Setelah pengumuman 10 orang yang lolos menjadi surveyor, mereka yang lolos kemudian pada 29 Januari 2021 pukul 13.00 WIB diundang berkumpul di ruang VIP Disdikbud Kota Malang untuk mendapatkan pembekalan. "Ada pembekalan apa saja yang harus dikerjakan sehingga bekerjanya bisa efektif. Yang jelas, kami harapkan mereka yang terpilih bisa menjalankan tugasnya dengan baik," ungkap Dian.

Latar belakang dibutuhkannya tenaga surveyor itu untuk menunjang pekerjaan di ranah Bidang Kebudayaan Disdikbud yang mencangkup seluruh Kota Malang. Ruang lingkup cagar budaya salah satunya adalah registrasi. Baik itu registrasi nasional maupun registrasi daerah. Terkait dengan registrasi daerah dan terkait juga dengan cagar budaya, terdapat prapendaftaran.

Baca Juga : Film Cinderella Baru Dibintangi Camila Cabello, Rilis Februari 2021

Dan pada pra pendaftaran, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Misalnya mendokumentasikan dan mendiskripsikan objek yang diduga cagar budaya, mengumpulkan data lokasi, mengumpulkan data obyek dan juga mengumpulkan data pendukung lainnya.

Sementara itu, 10 pesert yang terpilih sebagai surveyor adalah Tommy Ardian Putranya, Irawan Paulus, Vita Iga Anjani, Ramadhani Achmad Zulfikar, Ratnawati, Hardytio Andrias,  Febriana Nur Aziza, Sekar Rizkq Amalia Ramadhani, Faizzatus Sa'diyah, Rendy Wahyu Satriyo Putro.

Topik
Disdikbud Kota MalangCagar Budaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru