Seharga 1 Bungkus Kacang Goreng, Ini Daftar Obat Covid yang Cukup Manjur dan Ada di Apotek

Jan 20, 2021 12:19
Ilustrasi obat covid-19 (Foto: BBC.com)
Ilustrasi obat covid-19 (Foto: BBC.com)

INDONESIATIMES - Pemerintah Indonesia hingga kini masih berupaya  menangani kasus Covid-19 yang terus meninggkat di tanah air.  Salah satunya, pemerintah tengah gencar membagikan vaksin covid-19 kepada masyarakat guna mencegah virus yang pertama muncul di Wuhan, China, itu.  

Selain vaksin,  pengobatan murah  bagi pasien covid-19 ditemukan ilmuwan asal Inggris. Dia telah menemukan obat murah dan tersedia di dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Menkes: Pemerataan Vaksinasi Covid-19 Warga Indonesia Butuh Waktu 3,5 Tahun

 

Lantas apa obat yang bisa digunakan untuk alternatif pengobatan covid-19? Obat tersebut yakni Dexamethasone. Obat ini bisa ditemukan di seluruh apotek di Indonesia.  

Sebelumnya, Dexamethasone sempat menjadi perbincangan di awal covid-19 merajarela. Dexamethasone sendiri merupakan obat steroid yang telah digunakan sejak 1960-an untuk mengurangi peradangan dalam berbagai kondisi, termasuk gangguan peradangan dan kanker tertentu.  

Obat ini juga sudah masuk dalam daftar model obat esensial Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sejak 1977. 

Kini Dexamethasone telah habis masa patennya atau termasuk dalam obat generik yang bisa diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti kepada pihak penemunya.  Oleh sebab itu, obat ini bisa dengan mudah ditemukan di pasaran dan harganya sangat terjangkau.

Namun perlu diketahui bahwa Dexamethasone yang beredar di pasaran bentuknya beragam.  Ada yang dalam bentuk tablet atau kaplet, kapsul, sirup, dan injeksi atau cairan suntik.

Bahkan ada pula Dexamethasone dalam bentuk obat luar berupa obat oles atau tetes mata. Tentu masing-masing produsen memiliki dosis yang berbeda-beda.  Namun, pada umumnya Dexamethasone yang beredar di pasaran memiliki dosis 0,5 mg dan 0,75 mg untuk obat yang diminum.

Harganya pun cukup murah. Yakni di  kisaran Rp 1.800 hingga Rp 2.500 per strip isi 10 tablet atau kaplet.  Jadi, harganya kurang lebih sama dengan harga sebungkus kacang goreng.

Baca Juga : Mahasiswa FKG UB Manfaatkan Alang-Alang untuk Bantu Pengguna Kawat Gigi Atasi Luka

 

Merek yang tersedia juga beragam. Namun yang paling banyak ditemukan adalah Dexamethasone (tablet) buatan PT Kimia Farma Tbk. dan Dexaharsen (tablet) buatan PT Harsen.

Merek lain yang juga ditemukan adalah Danasone (tablet) buatan PT Hexpharm Jaya Laboratories, Ifidex (kaplet) buatan PT Imfarmind Farmasi Industri, Grathazon (kaplet) buatan PT Graha Farma, Scandexon (tablet) buatan PT Tempo Scan Pacific, dan Cortidex (tablet) buatan PT Sanbe Farma.

Meski sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau, obat ini pada dasarnya merupakan obat keras yang penggunaannya tidak bisa sembarangan.  Jadi, jangan pernah menggunakan obat ini jika tanpa resep dokter.

 

Topik
Obat Covid 19 World Health Organization Obat Dexamethasone

Berita Lainnya

Berita

Terbaru