Kegelisahan Pandemi Covid-19, Jadi Inspirasi Album Anyar Iksan Skuter

Jan 19, 2021 09:09
Iksan Skuter saat sedang dalam proses pembuatan video klip. (Foto: Dok. Srawung Media) 
Iksan Skuter saat sedang dalam proses pembuatan video klip. (Foto: Dok. Srawung Media) 

MALANGTIMES - Salah satu musisi solois asal Malang yang terus produktif di masa pandemi Covid-19, yakni Mohammad Iksan atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Iksan Skuter kembali akan melahirkan album baru yang ke-14 bertajuk "Orbit". 

Musisi kelahiran Blora, 30 Agustus 1981 ini mengatakan bahwa sudah banyak karya-karya yang dihasilkan semenjak dirinya memutuskan untuk menjadi solois di tahun 2012. Nantinya, di tanggal 21 Januari 2021 ia bakal merilis album ke-14 bertajuk "Orbit". 

Baca Juga : Agnes Masuk Grand Final Pop Academy, Bupati Sanusi Ajak Warga Malang Raya Beri Dukungan

 

Ketika disinggung bagaimana caranya produktif untuk menjadi seorang musisi di tengah arus tren dan modernisasi yang terus berubah, Iksan Skuter pun menjawab dengan tawa lebarnya yakni nganggur. 

"Nomor satu harus nganggur. Tapi kemarin ada job. Kalau aku sih, musisi mau ngapain? Masa musisi mau ngelamar jadi anggota partai atau dewan? Kurasa, musisi harus membuat album. Hanya itu yang bisa kulakukan. Dan ternyata wes 14 album itu gak kerasa. Aku tahunya cuma bikin, bikin, bikin," jelasnya dalam pers rilis yang diterima media online ini, Selasa (19/1/2021). 

Kata Iksan, pembuatan album ke-14 bertajuk "Orbit" ini sudah rampung di tahun 2020. Hanya saja untuk waktu rilisnya ditahun 2021. "Andaikata waktu itu sesuai planning, yo rilisnya Desember. Molor, adanya pertimbangan ini-itu, akhirnya dirilisnya pada 2021. Jadi 2020 itu dua album, Codex dan Selera Nusantara," katanya. 

Waktu yang terbilang cukup cepat untuk penggarapan album ke-14 bertajuk "Orbit" pun dikatakan Iksan Skuter bahwa itu terbantu oleh format solois. Meskipun Iksan Skuter dasarnya memang hobi menulis lagu sendiri sejak masih bergabung dalam format band major label. 

"Nah, karena aku udah terbiasa dengan produksi sendiri, akhirnya ketika aku udah nggak nge-band, bersolo karir, itu malah mempercepat prosesku. Kalo dulu kan, aku membuat demo lalu tak kasih ke band, nanti diulik lagi, dan sebagainya. Selama jadi solois, enak. Apa yang ada di otakku langsung jadi. Ga ada intervensi," ujarnya. 

Lebih lanjut, sosok Iksan Skuter sendiri banyak dikenal juga dengan sebutan 'musisi aktivis'. Hal itu karena dari setiap karya-karyanya seringkali membawa keresahan pribadi maupun isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat. 

Hal itu pun juga dituangkan oleh Iksan Skuter pada album ke-14 yang bertajuk "Orbit" dengan menuangkan segala keresahan yang dialaminya secara pribadi maupun pengalaman teman sekitarnya atas kondisi pandemi Covid-19 yang entah sampai kapan berakhir. 

"Aku merekam banyak kegelisahan selama pandemi. Album ke-13 dan 14 tematiknya kurang lebih sama. Cuma di album ke-13, aku mengaransemennya tanpa (alat musik, red) akustik, semua elektrik. Nah di album ke-14 aku balikin lagi. Temanya tidak jauh dari kegelisahan selama pandemi," terangnya. 

Baca Juga : Rilis Single Sekaligus MV Bertajuk All The Way, Mocca Siap Sapa Penggemar Jepang dan Korsel

 

Sementara itu, untuk penamaan "Orbit" pada album ke-14 ini memiliki makna yang dalam. Karena Iksan Skuter menuturkan, dalam setiap proses perilisan album selalu memberikan nama yang bagus seperti memberikan nama bagi anak yang baru lahir. Maka dari itu, setiap nama yang disematkan, terkandung doa mendalam pada album tersebut. 

"Termasuk nama Orbit itu sendiri. Orbit kan merupakan sesuatu yang berada di atas. Kenapa Orbit? Ya karena sesuatu yang ada di atas dan aku anggap itu harapan yang bagus lah. Harapannya ya semoga tinggi lah. Orbit adalah nama yang penuh harapan, sementara lagu-lagunya kebanyakan tentang kegelisahan di pandemi," jelasnya. 

Iksan Skuter beralasan, penggunamaan nama penuh harapan ditengah kegelisahan itu dikarenakan hidup selalu berbarengan dengan mati, malam berbarengan dengan siang, duka berbarengan dengan suka. 

"Nah seperti halnya ketika kita berbicara soal kegelisahan, kita juga harus berbicara soal harapan. Kurasa itu selalu beriringan. Jadi kalau dengerin album yang tematiknya gelap, ini harus dibarengin dengan nama yang kurasa harus jadi harapan baru," ungkapnya. 

Sebagai informasi, bahwa peluncuran album ke-14 bertajuk "Orbit" dari Iksan Skuter ini pada tanggal 21 Januari 2021 akan dikemas dengan konsep konser virtual yang dikatakan Iksan Skuter bahwa ia merasa nyaman dengan konsep seperti itu. Terlebih lagi saat ini masih dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19. 

"Prinsipku simple. Selama aku tidak menipu orang, selama aku tidak merugikan orang lain, tidak merampok, mencuri, dan lain sebagainya, aku nyaman. Meskipun bagiku pribadi ini tidak ideal. Karena ideal buatku setelah bikin album ya tur, keliling dan berdagang," tandasnya.

Topik
iksan skutteralbum orbit iksan skutersolois malangDunia musik Indonesia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru