Retakan Tanah Hingga 18 Meter Melanda di Teras Rumah Sariah

Jan 17, 2021 15:13
Petugas BPBD Kota Batu saat melihat kondisi retakan tanah di rumah Sariah, Minggu (17/1/2021). (Foto: istimewa)
Petugas BPBD Kota Batu saat melihat kondisi retakan tanah di rumah Sariah, Minggu (17/1/2021). (Foto: istimewa)

Jika beberapa saat lalu tanah longsor melanda beberapa titik di berbagai dusun Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji hingga Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko langsung meninjau ke lokasi, kali ini kejadian retakan tanah terjadi di Dusun Pagersari, di desa yang sama.

Namun retakan tanah ini menjadi kejadian pertama di tahun 2021 di rumah milik Sariah tepatnya di Jalan H. Abdurrahman gang 3, Dusun Pagersari, Desa Gunungsari. Terlihat retakan itu cukup membahayakan, Minggu (17/1/2021). 

Baca Juga : Tangkal Longsor di Kota Batu, Perkuat Pelengsengan dengan Lubang Air

 

Retakan itu dengan diameter panjang 18 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter. Retakan itu terjadi lantaran plengsengan teknis tergerus air hujan, berimbas pada teras rumah yang mengalami retakan.

“Penyebabnya hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Batu mengakibatkan plengsengan teknis dan teras rumah Ibu Sariah mengalami retakan dan tergerus air hujan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Sehingga ke depan perlu dilakukan pembangunan plengsengan teknis. Dan pengaturan saluran pembuangan air hujan, agar tidak lagi terjadi hal serupa. 

Selain itu pada Minggu (17/1/2021) BPBD Kota Batu telah melakukan distribusi bantuan penanganan untuk kejadian pasca bencana tanah longsor dan kerja bakti di Jalam melati, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Kemudian juga kerja bakti penanganan pasca bencana tanah longsor di Dusun Pagersari, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Baca Juga : Sederet Bencana Awal 2021, Sriwijaya Air hingga Gempa yang Memakan Korban Jiwa

 

Hingga saat ini kejadian bencana yang terjadi sudah mencapai puluhan di Kota Batu. Terbanyak terjadi mencapai belasan di Kecamatan Bumiaji. Bencana yang terjadi mulai dari tanah longsor, banjir luapan, hingga pohon tumbang. 

Topik
Tanah Longsor bencana di Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru