Belum Sepekan, Ratusan Rumah Makan di Kota Batu Langgar Aturan Jam PPKM

Jan 17, 2021 10:02
Petugas saat sosialisasi kepada pelaku usaha di Kota Batu.
Petugas saat sosialisasi kepada pelaku usaha di Kota Batu.

BATUTIMES - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah berjalan sejak Senin (11/1/2021) hingga Sabtu (16/1/2021). Namun, masih saja ditemui oleh petugas gabungan dalam operasi yustisi pelaku usaha yang melanggar peraturan sebagaimana tertera dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu.

SE Wali Kota Batu yang dilanggar itu meliputi protokol kesehatan tidak menggunakan masker, menjaga jarak. Lalu ada yang masih ada pelaku usaha yang membuka usahanya di atas jam operasional yang diberlakukan yakni 19.00 WIB.

Baca Juga : Pelantikan Bupati dan Wabup Malang Terpilih Tunggu SE MK, Dimungkinkan Virtual

Rinciannya untuk yang melanggar protokol kesehatan sebanyak 48 orang. Lalu ada 44 minimarket yang melebihi jam operasional yang ditentukan. Demikian juga dengan 172 restoran dan warung. 

“Bagi para pelanggar mengacu pada Perda No 78 tahun 2020. Peringatan pertama memberikan sanksi berupa peringatan tertulis saja,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19, Moehamad Agoes Macmoedi .

Seluruhnya yang melanggar itu ditemui saat petugas gabungan dari Satga Penanganan Covid-19, Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah melakukan operasi yustisi yang dilakukan dalam sehari dua kali.

Operasi yustisi itu dalam sehari sejak pukul 09.00 WIB hingga 23.00 WIB dengan pergantian dua shift. Dalam operasi yustisi itu selain menindak warga yang tidak menggunakan masker, juga mengingatkan mereka agar mengenakan masker dengan benar. Juga memonitoring pelaku usaha dibidang makanan dan minum di Kota Batu.

Baca Juga : Nekat Balapan saat Penerapan PPKM, Sembilan Kendaraan Diangkut Polisi

“Bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan sesuai dengan SE Wali Kota Batu akan dikenakan sanksi, awalnya teguran secara lisan, jika membandel, tidak diizinkan beroperasi selama tujuh hari,” terang Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim.

Sedang diberlakukannya PPKM untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Batu, juga mewujudkan Kota Batu menjadi zona hijau. 

Topik
ppkm kota batujam malam kota batupelanggaran ppkmberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru