Tingkatkan Edukasi, SDN Bunulrejo 6 Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Belajar Buah-Buahan

Jan 15, 2021 13:16
Suasana launching Taman Belajar Buah-buahan di SDN Bunulrejo 6 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana launching Taman Belajar Buah-buahan di SDN Bunulrejo 6 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

SDN Bunulrejo 6 Kota Malang, menyulap lahan taman di halaman sekolah menjadi sebuah Taman Belajar Buah-buahan. Taman tersebut dilaunching hari ini, Jumat (15/1/2021).

Taman tersebut terwujud atas kolaborasi lintas sektor antara SDN Bunulrejo 6 bersama kampung KB Mbois membangun spot edukasi memanfaatkan lahan taman di sekolah yang kosong.

Baca Juga : Wujudkan Merdeka Belajar, Kampus Brawijaya Teken MoA dengan 34 Dekan FTP Se-Indonesia

Kepala Sekolah SDN Bunulrejo 6, Lilik Parawati menjelaskan, jika taman tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pusat belajar siswa. Disana, para siswa nantinya akan diajarkan lebih mengenal mengenai buah-buahan, baik dari mulai cara menanam hingga panen.

"Nantinya juga akan ada laboratorium sehinga semakin mendukung taman belajar buah-buahan menjadi pusat pembelajaran siswa," jelasnya.

Selain menjadi pusat pembelajaran dalam hal buah-buahan, seperti bagaimana proses penanaman hingga pengolahan serta kandungan-kandungan gizi dalam buah, disini nantinya juga akan memberikan pengenalan terhadap siswa akan buah-buahan yang tergolong langka.

"Ya seperti Buah Matoa itu kan nggak semuanya tau, makanya juga sebagai sarana menambah pengetahuan. Nanti buahnya bermacam-macam yang ditanam, kalau disini tadi hanya seremonial, nantinya akan dilanjutkan di kebun belakang, bisa sampai 200an pohon," bebernya.

Sementara itu, Kesiswaan SDN Bunulrejo 6, Marlin Waisa menambahkan, jika dengan adanya Taman Belajar Buah-buahan ini, terlebih juga terdapat event Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi CSAP) tentunya menjadi salah satu poin penilaian dalam hal pelestarian lingkungan.

Baca Juga : Kaleidoskop Pendidikan 2020: Inovasi dan Prestasi Gemilang Unikama untuk Negeri

"Adanya Taman ini bisa bermanfaat untuk media siswa dalam berinovasi. Untuk saat ini masih untuk siswa sekolah disini, tapi tak menutup kemungkinan juga dibuka untuk masyarakat," pungkasnya.

Topik
SDN Bunulrejo 6Taman Belajar Buah Buahankampung KB Mbois

Berita Lainnya

Berita

Terbaru