Selain Telegram dan Signal, Aplikasi Chat "BIP" Jadi Alternatif Pengganti WhatsApp

Jan 15, 2021 09:14
BIP (Foto:  App Store - Apple)
BIP (Foto: App Store - Apple)

MALANGTIMES - Aplikasi chat WhastApp hingga kini masih terus menjadi perbincangan terkait kebijakan privasi barunya.  

Kebijakan privasi baru itu lantas membuat para pengguna WhatsApp khawatir.  Itu lantaran semua data di aplikasi chat tersebut harus disambungkan ke akun Facebook.

Baca Juga : Cara Kerja Black Box, Fungsi dan Sejarah untuk Mengungkap Kecelakaan Pesawat

Jika tidak setuju dengan kebijakan tersebut, pengguna akan diberi pilihan untuk menghapus akun.  Kebijakan ini akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021 mendatang.  

Terkait hal ini, banyak pengguna WhastApp yang justru berpindah hati ke aplikasi chat lain.  Di antaranya Telegram dan Signal. Telegram dianggap menjadi aplikasi chat yang lebih aman daripada WhatsApp. Bahkan, Telegram diklaim lebih memiliki fitur menarik yang tidak dimiliki oleh WhatsApp.  

Namun, selain Telegram, kini muncul aplikasi chat lain yang digadang-gadang menjadi alternatif pengganti WhatsApp.  Aplikasi chat tersebut yakni BIP Messanging.  BIP merupakan aplikasi chat asal Turki.  

Perbandingan Chip Snapdragon 875 vs Kirin 9000 vs Exynos 2100
Foto: Android Ponsel

Dilansir melalui Al Jazeera, Presiden Turki Recep Tayiip Erdogan langsung memberikan imbauan kepada warganya untuk beralih dari WhatsApp ke aplikasi lokal bernama BIP.

Aplikasi BIP

Aplikasi BIP adalah buatan Turkcell pada 2013. Perusahaan telekomunikasi ini saham terbesarnya merupakan milik pemerintah Turki.

Aplikasi chat ini menawarkan layanan pesan, panggilan suara, video HD dan lain sebagainya yang tentunya punya fitur yang sama seperti WhatApp.
 

Fitur Apliksi BIP

BIP juga memiliki fitur terkait privasi, yaitu dapat menghilangkan pesan dalam opsi waktu tertentu sehingga pesan rahasia akan terkirim dengan aman dan menghilang dari sisi penerima dalam waktu yang sudah ditentukan.

Fitur lain yang ditawarkan BIP yakni terdapat tombol darurat yang berfungsi untuk berbagi lokasi dan situasi kepada 10 orang yang sudah ditentukan oleh penggunanya.

Baca Juga : Viral, Unggahan Telegram yang Pajang Peti Mati WhatsApp

Fitur darurat juga ada di aplikasi chat ini yang berguna untuk membuka akses ke ambulans, polisi, pemadam kebakaran dan lembaga penanganan darurat lainnya.

Selain itu, fitur lainnya bisa membantu mempernyaman penggunanya. Yakni fitur untuk mengganti tema sesuai dengan mood penggunanya.

Dalam waktu 24 jam, tercatat penambahan pengguna BIP sebanyak 1,12 juta.  Pengguna rupanya mempertimbangkan keamanan data pribadi yang bisa bocor di WhatsApp. 

Hingga kini, pengguna BIP mencapai hingga lebih dari 53 juta orang.

 

Topik
aplikasi bip aplikasi bip adalah aplikasi bip buatan mana aplikasi bip apakah aman aplikasi pengganti whatsapp 2020 aplikasi yg mirip wa aplikasi chat mirip whatsapp fitur aplikasi bip

Berita Lainnya

Berita

Terbaru