Cara Kerja Black Box, Fungsi dan Sejarah untuk Mengungkap Kecelakaan Pesawat

Jan 13, 2021 17:49
Black Box (Foto:  The world news platform)
Black Box (Foto: The world news platform)

MALANGTIMES - Black Box menjadi salah satu komponen penting yang menjadi kunci informasi penyebab kecelakaan pada pesawat. Sebenarnya bagaimana cara kerja Black Box sehingga dari kotak hitam itulah, sebuah data penting detik-detik kecelakaan pesawat bisa terungkap?Bagaimana pula fungsi dan sejarah  cara kerja Black Box ini sehingga mengetahui penyebab kecelakaan?. 

Karena fungsi itulah Black Box menjadi benda yang dicari dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sabtu (9/1/2021) di Kepulauan Seribu. Dalam artikel ini MalangTIMES akan memberikan informasi mulai dari cara kerja Black Box pesawat. Selain itu juga mengungkap fungsi dan sejarah perkembangan Black Box pesawat. 

Pada ulasan ini, juga akan menginformasikan bagaimana sejarah Black Box hingga menjadi bagian penting di pesawat. Bahan pembuatan Black Box dan tak lupa alasan mengapa Black Box harus direndam di air setelah ditemukan. 

 Yuk simak informasi dibawah ini:

Cara Kerja Black Box atau kotak hitam

Baca Juga : Deretan HP yang Tak Bisa Akses WhatsApp Mulai Tahun 2021, Cek Punyamu! 

Black Box terdiri dua bagian, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Cookpit Voice Recorder (CVR). FDR berisi tentang rekaman kecepatan, percepatan vertikal, aliran bahan bakar, dan juga ketinggian pada pesawat. 

Sedangkan, untuk CVR berisi mengenai pembicaraan atau percakapan yang terjadi di kokpit selama penerbangan berlangsung. Tak hanya itu saja, Black Box juga memiliki perangkat yang disebut Underwater Locator Beacon (ULB). 

Perangkat akan aktif setelah perekam bersentuhan dengan air dan mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. Oleh sebab itu, perangkat tersebut bisa membantu menemukan Black Box jika jatuh di kedalaman laut. 

Apabila ditemukan, penyelidik akan membawa komponen tersebut ke laboratorium untuk mengunduh data yang di dalamnya. Setelah itu, akan mencoba melakukan rekonstruksi ulang di mana semua peristiwa akan diketahui selama penerbangan berlangsung. 

Meski begitu, proses rekonstruksi ulang ini akan membutuhkan waktu sekitar berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. 

Perlu diketahui, black box atau kotak hitam tidak akan bisa hancur meski terjadi kecelakaan pesawat. Perlu diketahui juga sebelum black box atau kotak hitam digunakan harus melalui serangkaian tahap uji ketahanan. Seperti menahan benturan dinding beton kecepatan 750 km per jam dan suhu maksimum 1.100 derajat celcius.

Fungsi dari Black box

Setelah membahas bagaimana cara kerja Black Box, kita akan membahas apa sebenarnya fungsi komponen itu?

Black box menjadi kunci utama untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Fungsi black box untuk mencatat percakapan kru pesawat dan memonitor suara yang terjadi pada kokpit.Di samping itu, fungsi Black Box pesawat juga mampu merekam semua kejadian sebelum terjadinya kecelakaan.

Dengan ditemukannya Black Box ini, penyidik akan menangkap suara seperti suara peringatan atau ping darurat. 

Black box ini juga dilengkapi dengan komponen yang mampu memantau aksi lain di dalam pesawat. Sebut saja seperti pergerakan flap pada sayap pesawat dan juga pengukur pada bahan bakar. Namun Black Box ini hanya bisa merekam percakapan di dek kokpit paling lama dua jam.

Sejarah Black Box pesawat

Dilansir melalui laman Thounghtco, pertama kali, Black Box atau kotak hitam ini ditemukan di Australia. 

Sebagian orang mungkin tak mengetahui siapa sosok di balik penemuan kotak hitam pada pesawat itu. Penemu black box pesawat pertama kali ini merupakan laki-laki asal Australia yang bernama David Warren. 

Kecelakaan pesawat yang terjadi terhadap ayahnya pada 1934 membuat Warren ingin menciptakan perekam data penerbangan.

Warren diketahui lahir pada 1925 di Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai utara Australia. Pada tahun 1950 an, ia diketahui bekerja untuk perusahaan Aeronautical Research Laboratories di Melbourne, Australia. 

Sekitar tujuh tahun kemudian Warren memutuskan untuk menyelesaikan prototipe pertamanya yang disebut dengan “Memory Unit”. Sayangnya, penemuan Warren itu justru lebih banyak mengundang kritik dibandingkan pujian dari kalangan masyarakat.

Baca Juga : Tips Balas Chat WhatsApp Tanpa Terlihat Online! 

Akhirnya, Inggris dan Amerika Serikat menanggapi penemuan Warren dan memproduksi black box secara massal. Namun sayangnya setelah sukses memproduksi balck box, Warren dikabarkan tidak mendapatkan imbalan finansial atas penemuannya. 

Penemuan Warren ini pun lantas baru diakui oleh negaranya pada tahun 2002 silam. Dia akhirnya dianugerahi Orde Australia atas kontribusinya. 

Warren menutup usia pada 2010 dalam usianya yang ke 85 tahun. 

Istilah penggunaan nama black box ini muncul pertama pada Perang Dunia II. Nama itu berasal dari pengembangan radio, radar, dan alat bantu navigasi elektronik pesawat tempur Inggris. 

Perangkat elektronik yang sering dirahasiakan itu terbungkus dalam kotak hitam sehingga dinamakan 'Black box'. 

Meski bernama Black Box, tapi kota itu tidak berwarna hitam. Melainkan warna oranye yang dipilih agar terlihat terang dan mencolok di antara puing-puing setelah kecelakaan. 

Bentuk Black Box sendiri berupa silinder yang dipasang pada dua bagian logam besar. Bentuknya lebih mirip kompresor udara daripada alat perekam.

Mengapa Black Box harus tetap direndam di air setelah ditemukan

 Black Box pesawat harus tetap terendam di air, baik saat belum ditemukan, maupun setelah ditemukan. Kotak hitam yang terendam air laut harus segera dimasukkan ke dalam peti yang berisi air agar tak rusak. 

Menurut ahli, Black Box yang terkena air garam bisa menjadi karatan. Kotak hitam tidak boleh kering karena bisa merusak memori dan harus dikeringkan dengan cara khusus. 

Topik
Berita Malang Black Box

Berita Lainnya

Berita

Terbaru