Petugas bersama warga saat membersihkan reruntuhan material tanah longsor di Kecamatan Bumiaji, Senin (11/1/2021). (Foto: istimewa)
Petugas bersama warga saat membersihkan reruntuhan material tanah longsor di Kecamatan Bumiaji, Senin (11/1/2021). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Dalam sehari, 4 bencana terjadi akibat hujan yang melanda Kota Batu. Empat kejadian itu tersebar di 5 dusun di 4 desa di  Kecamatan Bumiaji, Senin (11/1/2021).

 

Baca Juga : Operasi Yustisi Selama PPKM, Tim Satgas Bakal Keliling Kota Batu Sehari Dua Kali

Kejadian bencana yang terjadi di antaranya tanah longsor hingga banjir luapan. “Akibatnya ada yang berimbas pada hewan ternak yang mati dan rumah warga terdampak,” ungkap Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu.

Yang pertama, bencana di Jalan Mbah Singo, Dusun Claket, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Bermula hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Gunungsari, tebing dengan dimensi panjang 8 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 6 meter longsor.

“Material longsor menimpa kandang kambing milik Marsam yang menyebabkan kandang mengalami rusak berat. Dari total 10 ekor kambing di kandang, 3 kambing mati tertimpa reruntuhan kandang,” tambahnya.

Material longsor juga menutup akses jalan salah satu rumah warga.

Selanjutnya tanah longsor juga terjadi di Jalan Semeru, Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tebing dengan dimensi panjang 3 meter dan tinggi 8 meter mengalami longsor. 

“Lahan yang mengalami longsor merupakan pekarangan rumah Bapak Choirul. Hingga material  longsor jatuh dan menutup sebagian badan jalan,” imbuh Agung. 

Masih kejadian yang sama, di desa yang sama, namun hanya berbeda jalan, tanah longsor menyebabkan tebing dengan dimensi panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3 meter mengalami longsor. Lahan yang longsor merupakan pekarangan rumah mikik Mitun. Material  longsor jatuh dan menutup sebagian badan jalan.

Baca Juga : Plengsengan Non dan Teknis di TPA Kota Batu Ambrol, Banjir Lumpur Kembali Melanda

Selain itu, terjadi banjir luapan  di Dusun Beru, Dusun Banaran, dan Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. “Bermula hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kecamatan Bumiaji menyebabkan saluran drainase di Jalan Hasanudin Desa Bumiaji tidak mampu menampung debit air yang besar sehingga air meluap ke jalan,” ungkap Agung.

Luapan banjir beserta material lumpur dan batuan menutup ruas Jalan Hasanudin serta sejumlah rumah warga sekitar terdampak. Selain itu, tiga rumah warga terdampak banjir.

Padahal satu hari sebelumnya kejadian yang sama juga terjadi kawasan tersebut. Lantaran hujan yang kembali turun, banjir luapan lumpur pun terulang kembali.