Plengsena ambrol di TPA Kota Batu. (Foto: istimewa)
Plengsena ambrol di TPA Kota Batu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Tanah longsor melanda kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jalan Raya Panglima Sudirman Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Laporan tersebut diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu pada Senin (11/1/2021). 

Kejadian tanah longsor itu membuat plengsengan di kawasan TPA tersebut ambrol. “Material plengsengan yang ambrol menutup akses hilir mudik kendaraan di dalam kompleks TPA Tlekung,” ungkap Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga : Banjir Lumpur Tutupi Jalan di Kota Batu hingga Masuk Rumah Warga

Namun saat ini akses jalan sudah kembali pulih dari material longsornya plengsengan yang ada di sana. “Penyebab longsor, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Tlekung menyebabkan ambrolnya plengsengan di kompleks TPA,” tambahnya.

Kerusakan atau kerugian dalam kejadian ini yakni, plengsengan teknis dengan dimensi panjang 15 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 10 meter. Lalu plengsengan non teknis dengan dimensi panjang 15 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 10 meter.

Juga plengsengan non teknis dengan dimensi panjang 50 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 10 meter. Untuk menghindari adanya longsor kembali, harus segera dilakukan pembangunan plengsengan teknis.

Selain tanah longsor, banjir lumpur juga kembali terjadi Dusun Beri dan Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Padahal pada Minggu (10/1/2021) banjir luapan melandan dusun tersebut.

Baca Juga : 3 Hari Kedepan, Warga Kota Batu Wajib Waspada Bencana Hidrometeorologi

Namun pada Senin banjir lumpur tersebut terjadi dan meluas hingga di Dusun Binangun, lantaran luapan sungai yang membawa material dan lumpur.

Petugas pun langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pembersihan, dengan menyemprotkan air ke jalan. Tentunya agar akses jalan kembali pulih dan tidak membahayakan pengguna jalan.