Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat ditemui awak media dalam acara serah terima jabatan Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (11/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat ditemui awak media dalam acara serah terima jabatan Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (11/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Rotasi pergantian kepemimpinan kembali terjadi di jajaran Reserse Kriminal Polresta Malang Kota. 

Kali ini Kanit Lingkungan Ditreskrimsus Subdit IV Tipidter Polda Jatim Kompol Tinton Yudha Riambodo dimutasi dan telah melakukan sertijab (serah terima jabatan) menjadi Kasat Reskrim Polresta Malang Kota.

Baca Juga : MUI Tetapkan Vaksin Sinovac Halal dan Suci Digunakan

Tinton menggantikan Kompol Azi Pratas Guspitu, Senin (11/1/2021) di Aula Sanika Satyawada, Mapolresta Malang Kota. 

Dalam acara sertijab tersebut, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menyampaikan, beberapa hal terkait penanganan kasus kriminal yang harus menjadi fokus Kasat Reskrim Polresta Malang Kota yang baru. 

Utamanya terkait kasus 3C yakni Curat (pencurian dengan pemberatan), Curas (pencurian dengan kekerasan) dan Curanmor (pencurian kendaraan bermotor). 

"Jabatan yang cukup strategis terkait dengan penanganan-penanganan dan penegakkan hukum. Juga kasus-kasus atensi yang ada di Kota Malang, utamanya yang saya prioritaskan adalah curanmor," ungkapnya ketika ditemui awak media usai memimpin proses sertijab Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (11/1/2021). 

Keseriusan terhadap penanganan kasus curanmor, disampaikan Leo (sapaan akrab Kapolresta Malang Kota, red) bahwa di awal tahun 2021 akan ada dua rilis ungkap kasus curanmor. 

"Ini belum kita rilis dari Polsek kedungkandang dan Polsek Klojen terkait pengungkapan curanmor. Mudah-mudahan ini berkembang terus. Kita maunya menekan agar kasus curanmor ini menjadi rendah," terangnya. 

Lanjut Leo, bahwa untuk para pelaku kasus 3C yang melakukan aksi kejahatan berulang kali dan menjadikan tindakan kejahatan 3C sebagai mata pencaharian akan dilakukan tindakan tegas. 

"Tetap diperlakukan itu (tembak di tempat, red). Saya sudah sampaikan bagi para pelaku curanmor, curas, maupun curat yang berulang dan menjadi residivis saya sudah ingatkan agar berhenti dan tidak melakukannya lagi. Kalau kami temukan akan ditindak tegas," tuturnya. 

Lebih lanjut, selain menekankan pada penanganan kasus, dikatakan Leo, mutasi jabatan yang diterima oleh Kompol Tinton Yudha Riambodo merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi yang bersangkutan. 

Baca Juga : Sambangi Kampung Tangguh Semeru di Polehan, Kapolresta Malang Sampaikan Pesan Ini

"Ini menjadi satu kebanggaan juga, karena bagi pejabat lama dan pejabat baru, ini merupakan suatu promosi jabatan," terang perwira tinggi dengan tiga melati di pundaknya ini. 

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo menanggapi arahan dan instruksi dari Kapolresta Malang Kota terkait fokus utama penanganan kasus di wilayah Kota Malang. 

"Secara prioritas tadi sudah disampaikan Pak Kapolres, jadi kami akan bertindak tegas. Seperti yang disampaikan Pak Kapolres, pelaku-pelaku yang sudah residivis maupun pelaku-pelaku yang sudah diingatkan untuk tidak melakukan lagi di Malang Kota," jelasnya. 

Perwira menengah dengan satu melati di pundaknya ini juga menuturkan, bahwa tujuan dirinya ditempatkan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Malang Kota adalah untuk mengabdi kepada masyarakat Kota Malang. 

"Kemudian kami juga mohon dukungannya kepada rekan-rekan wartawan untuk senantiasa membantu kami. Kalau ada info-info tolong disampaikan ke kami. Nanti kita tetap analisa informasinya sehingga menjadikan malang kota aman," tutupnya.