Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sambangi Kampung Tangguh Semeru di Polehan, Kapolresta Malang Sampaikan Pesan Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

08 - Jan - 2021, 20:02

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata saat berkunjung ke Kampung Tangguh Semeru Polehan
Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata saat berkunjung ke Kampung Tangguh Semeru Polehan

MALANGTIMES - Penyebaran Covid-19 yang mengkhawatirkan, utamanya di Kota Malang, membuat Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, memberikan pesan serius saat berkunjung ke Kampung Tangguh Semeru di RW 2 Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (8/1/2021).

Kapolresta memberikan penegasan terhadap masyarakat, jika Covid-19 bukanlah penyakit yang hina. Hal ini dikatakannya merupakan penyakit yang wajar. Sehingga, masyarakat yang memang dari hasil tes positif dan malu untuk isolasi mandiri, maka diharapkan untuk menelepon pihak untuk dilakukan penjemputan dan dibawa ke safe house.

Baca Juga : Amankan Vaksin Sinovac, Kapolresta Malang Siapkan Dua Skenario Pengamanan

"Penyakit ini bukanlah penyakit hina dan ini merupakan penyakit wajar. Apabila ada penderita yang malu untuk isolasi mandiri, silahkan untuk telepon petugas guna dilakukan penjemputan," ungkapnya.

Hal ini dilakukan guna mencegah lebih luas lagi pencegahan dari Covid 19 di Kota Malang. Sebab, jika fakta riil Kota Malang salah satu kasus aktif tertinggi di Jatim, di mana tingkat meninggal dunia Kota Malang kisaran 8 sampai 10 orang. Terlebih lagi, dalam satu hari, tim pemulasaraan memakamkan hingga 16 orang.

"Dan sampai tadi malam pukul 02.00 WIB, kita masih melakukan pemulasaran jenazah. Kendala dari pemulasaran adalah tim itu terpapar dan rumah sakit lapangan ijen Boulevard kapasitas 200 sudah terisi semua. Kondisi rumah sakit lain full, rumah sakit yang memiliki ventilator pun sudah penuh," jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap masyarakat yang masih acuh terhadap protokol kesehatan dan juga pihak-pihak yang masih tidak mempercayai adanya Covid-19.

Setiap harinya masyarakat masih banyak dijumpai di jalanan Kota Malang maupun dibeberapa tempat tidak mengenakan masker. Hal itu dikatakannya terlihat dari kegiatan ops yustisi yang dilaksanakan tiap hari.

Ia juga meminta, agar pihak RT maupun RW hingga tingkat kelurahan, selalu mendatakan mereka yang melakukan isolasi mandiri. Bila kondisinya tidak layak untuk isolasi mandiri, maka diharapkan untuk segera menghubungi petugas untuk segera dibawa ke safe house.

Baca Juga : Plt Wali Kota Minta Pemerintah Pusat Pertimbangkan Lagi Rencana PSBB di Surabaya

"Kasus aktif kita empat kali lipatnya dari kota lain. Mari kita rawat kampung tangguh ini. Bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih berkeliaran, ini yang harus diwaspadai serta yang harus kita jaga adalah bagi usia manula. Sampaikan ke teman-teman puskesmas, bagi yang masih melakukan isolasi mandiri agar tetap menggunakan vitamin. Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas juga membantu untuk membagikan vitamin," pungkasnya.

 

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto