Komisi B DPRD Kota Malang saat berkunjung ke Perumda Tugu Tirta Kota Malang (Ist)
Komisi B DPRD Kota Malang saat berkunjung ke Perumda Tugu Tirta Kota Malang (Ist)

MALANGTIMES - Komisi B DPRD Kota Malang melakukan kunjungan kerja ke Total Water Utility Integrated Network (TWUIN Command Center) yang ada di Kantor Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang beralamat di Jalan Terusan Danau Sentani, Malang.

Kunjungan ke mitra Komisi B, Perumda Tugu Tirta (PDAM) Kota Malang ini guna mengetahui proses pemantauan layanan air minum di Kota Malang yang selama ini berjalan.

Baca Juga : Warga Kota Malang Wadul Dewan soal Penarikan Iuran Sampah saat Bayar Tagihan Air

TWUIN Command Center sendiri merupakan pusat komando untuk pengendalian, kontrol, dan monitoring proses transisi dan distribusi air. Juga termasuk berbagai jenis pengaduan hingga jumlah pemakaian air oleh pelanggan, serta jumlah tagihan dapat dilihat hanya menggunakan satu sistem tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono, memberikan apresiasi atas fasilitas TWUIN Command Center yang mampu mengontrol dan mengendalikan seluruh operasional PDAM dalam satu ruang kontrol.

Komisi-B-DPRD-Kota-Malang-saat-berkunjung-ke-Perumda-Tugu-Tirta-Kota-Malang456fa323544b9c40.jpg

Dijelaskannya, jika keberadaan TWUIN Command Center merupakan hal yang vital dalam manajemen Perumda Tugu Tirta Kota Malang.

“Keberadaan sistem  TWUIN Command Center sangat membantu PDAM dalam memantau dan mengendalikan proses pelayanan mulai dari hulu sampai hilir. Ini termasuk juga dalam melayani aduan dan gangguan dari masyarakat,” ungkap pria yang juga merupakan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Kedepan pihaknya berharap, agar Perumda Tugu Tirta Kota Malang bisa semakin meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat, serta bisa terus berinovasi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam mengelola Perumda Tugu Tirta Kota Malang.

"Sehingga outputnya mampu memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat Kota Malang," terangnya.

Komisi-B-DPRD-Kota-Malang-saat-berkunjung-ke-Perumda-Tugu-Tirta-Kota-Malang-2def5a01be4ba8723.jpg

Dalam kunjungannya, pihaknya juga memberikan beberapa saran teknis, agar pada setiap lokasi pemantauan bisa dilengkapi dengan kamera CCTV.  Penambahan kontrol sensor juga diperlukan agar  nantinya semua rangkaian proses bisa terpantau secara real-time.

Baca Juga : Komisi D DPRD Kota Malang: Peralatan BPBD Kurang Lengkap

“Kalau ada gangguan bisa cepat dilakukan tindakan perbaikan, termasuk mengurangi adanya human eror seperti kejadian terkontaminasinya saluran penampungan air yang tercampur solar,” tambah Trio Agus.

Dalam lawatannya ke Perumda Tugu Tirta Kota Malang tersebut, Komisi B ditemui disambut langsung oleh Direktur Umum Perumda Tugu Tirta M. Nor Muhlas, S.Pd, MSi, Direktur Teknik Ibu Ir. Ari Mukti, MT dan Manager Perumda Tugu Tirta.