Terlalu Banyak Beribadah, Rasulullah SAW Tegur Keras Para Sahabat ini

Jan 07, 2021 08:22
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Rasulullah SAW memang selalu menjadi panutan setiap muslim. Setiap ajaran dari Rasulullah SAW pun selalu dikerjakan, baik wajib maupun sunnah. Rasulullah SAW pun juga tak pernah luput memberikan ajaran bagi setiap umat muslim, terutama dalam hal beribadah.

Namun ternyata, Rasulullah SAW juga pernah menegur keras para sahabatnya. Teguran itu diberikan Rasulullah SAW kepada para sahabat yang sangat ahli dan tekun dalam beribadah.

Baca Juga : Lima Benda ini Berasal Dari Surga, Ada yang Ditemukan di Indonesia

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, disebutkan jika ada kisah di mana Rasulullah SAW menegur para sahabat yang ahli ibadah. Peristiwa itu terjadi pada tiga sosok sahabat yang memiliki semangat tinggi untuk beribadah.

Suatu hari, mereka datang ke rumah istri-istri Rasulullah SAW untuk menanyakan mengenai ibadah yang ditunaikan Rasulullah SAW. Ketika mendengar kabar dari para istri Rasulullah, para sahabat itu mengentengkan dan merasa jika ibadah Rasulullah SAW sangatlah ringan. Mereka pun berfikir jika Rasulullah SAW pasti akan mendapatkan ampunan, sementara mereka harus melakukan semua ibadah agar mendapatkan pengampunan tersebut.

Berangkat dari logika itu, salah seorang diantara mereka pun berkata jika ia akan melaksanakan salat malam selamanya. Satu sahabat lain berkata akan puasa setiap hari, dan satunya lagi menyatakan jika ia akan menjauhi perempuan dan tidak akan menikah.

Mendengar itu, Rasulullah SAW pun mendatangi ketiga sahabat tersebut. Rasulullah SAW kemudian mematahkan logika ketiga sahabat tersebut dengan mengatakan jika setiap muslim harus melaksanakan sunnah dan ibadah sesuai dengan ajaran Allah SWT. Di mana ada waktunya untuk beribadah dan beristirahat, ada kalanya puasa dan tidak, serta ibadah untuk menikah. Sanggahan Rasulullah SAW pun diberikan dengan peringatan keras.

Rasulullah SAW berkata, "Siapa yang tidak suka dengan sunnahku, maka dia bukanlah dari golonganku,".

Maka dapat dipahami jika pemikiran ketiga sahabat yang beranggapan jika Rasulullah SAW tak berdosa, dan tidak harus melaksanakan banyak ibadah, sementara muslim yang bukan utusan Allah SWT harus beribadah lebih banyak dari Rasulullah SAW sangatlah tidak benar.

Rasulullah SAW menekankan jika setiap muslim harus beribadah sebagaimana mestinya.

Selain ketiga sahabat itu, Rasulullah SAW juga pernah menegur Abdullah bin Amr bin Ash yang menghabiskan waktunya untuk melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah. Mulai dari shalat hingga puasa setiap saat. Sehingga dia tak memperhatikan keluarganya ataupun menggauli sang istri.

Rasulullah SAW pun menegur Abdullah yang tak memperhatikan keluarga. Sang istri pun sebelumnya mengeluh kepada Rasulullah SAW dan suatu hari Abdullah dipanggil.

Baca Juga : Diprediksi 5 Zodiak Ini Banyak Rintangan di Tahun 2021

Rasulullah SAW berkata, "Abdullah, apakah betul engkau selalu tekun beribadah shalat, puasa, dan berdzikir?,".

"Iya betul ya Rasulullah SAW. Setiap malam saya shalat tahajud dan berdzikir," jawab Abdullah.

"Apa betul engkau tidak pernah beristirahat dan tidak pernah mengumpuli istrimu?," tanya Rasulullah SAW.

"Betul Rasulullah SAW. Saya menunaikan ibadah seperti ini untuk menjalankan sunnah Nabi," jawab Abdullah.

Rasulullah SAW pun berkata, "Abdullah, saya juga sering menjalankan ibadah shalat, puasa dan ibadah lainnya. Tapi saya juga istirahat juga berkumpul bersama istriku. Kalau dirimu beribadah terus tanpa memberi perhatian istrimu, maka tidak kuakui sebagai umatku,".

Abdullah pun mengangguk, dan keesokan harinya istri Abdullah kembali mendatangi Rasulullah. Dia menyampaikan terima kasih atas perubahan sang suami yang tetap beribadah dan memperhatikan keluarga juga dirinya.

Topik
Kisah Sahabat RasulullahKisah Rasulullah SAWRasulullah tegur sahabatsahabat rasullahkisah teladan sahabat dan rasulullah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru