Tak Hadiri Sidang Praperadilan, Rizieq Klaim Cuma Sebar 17 Undangan Perkawinan

Jan 04, 2021 13:07
Rizieq Shihab (Foto: Kompas.com)
Rizieq Shihab (Foto: Kompas.com)

MALANGTIMES - Sidang perdana praperadilan Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab digelar hari ini, Senin (4/1/2021). Sidang digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di ruang sidang.

Diketahui, Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.  Melalui kuasa hukumnya, Muhammad Kamil Pasha, Rizieq menyampaikan alasan terkait permohonan praperadilan tersebut. Dalam hal ini pihak tergugat atau termohon ialah Kepala Subditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya, dan Kapolri.

Baca Juga : Sidang Praperadilan Kasus Rizieq Shihab Digelar Besok

Muhammad Kamil Pasha mengatakan, jika Rizieq melakukan pelanggaran tersebut ketika memiliki hajat menikahkan sang putri. Dalam hajatan tersebut, pihak Rizieq mengklaim jika mereka hanya menyebar undangan dalam jumlah terbatas yakni 17 undangan saja.  

"Terkait pernikahan tersebut, pemohon dan keluarga hanya membuat undangan terbatas, dan yang terkirim hanyalah 17 undangan," ungkap Kamil.  

Kamil lantas melanjutkan, kala itu Rizieq juga mendapat undangan oleh pihak DPP FPI yang menggelar acara Maulid Nabi di Petamburan. Bahkan, ia mengatakan jika acara pernikahan itu disetujui oleh pihak Wali Kota Jakarta Pusat.

"Bahwa acara pernikahan tersebut disetujui dan dihadiri oleh pihak KUA Tanah Abang, serta acara maulid diketahui dan disetujui oleh pihak Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," jelasnya.  

Namun tak disangka, kata Kamil, tamu undangan yang datang justru banyak. Alasannya karena Rizieq baru saja tiba di Indonesia.  

"Namun tanpa disangka-sangka banyak umat yang hadir, dikarenakan kerinduan  terhadap pemohon (Rizieq) yang belum lama kembali ke tanah air. Setelah sekitar 3  tahun lamanya berada di Mekkah, Arab Saudi," paparnya.

Baca Juga : Dua Negara Hampir Ribut Gara-Gara Bocah SMP

Di sisi lain, disebutkan jika pihak DPP FPI telah membagikan masker gratis kepada tamu undangan yang hadir.  

"Pembagian masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan tersebut juga didukung dan dibantu oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang merupakan bagian dari Satgas Covid-19 DKI Jakarta," jelas Kamil Pasha.  

Seperti diketahui, dalam sidang praperadilan ini Habib Rizieq rupanya memilih tidak hadir.  Kamil mengatakan, jika saat ini Habib Rizieq tengah ada kegiatan.  Diketahui saat ini Rizieq Shihab telah menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya terkait kasus RS Ummi sebagai saksi.  

"Habib Rizieq tidak bisa hadir, ada pemeriksaan juga di Polda, jadi ada temen-temen juga, bagi bagi tugas pendampingan di Polda," kata Kamil.

Topik
Habib Rizieq Shihabsidang praperadilanFPIkasus pelanggaran prokes

Berita Lainnya

Berita

Terbaru