Libur Nataru, ini Sederet Produk yang Alami Kenaikan Harga di Pasar-Pasar Kota Malang

Dec 24, 2020 13:31
Deretan ikan segar yang dijual di pasar rakyat di Kota Malang (Dokumentasi MalangTIMES/foto diambil sebelum pandemi covid-19).
Deretan ikan segar yang dijual di pasar rakyat di Kota Malang (Dokumentasi MalangTIMES/foto diambil sebelum pandemi covid-19).

MALANGTIMES - Sederet harga produk, utamanya kebutuhan pokok nampaknya memang tak pernah absen mengalami kenaikan saat hari-hari besar. Tanpa kecuali saat hari besar seperti Natal dan Tahun Baru kali ini. 

Di beberapa pasar rakyat di Kota Malang, tercatat beberapa produk mengalami kenaikan harga. Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Wahyu Setianto menyampaikan, kenaikan atas beberapa komoditi itu memang tercatat saat menjelang libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. 

Baca Juga : Tamu Wajib Bawa Rapid Test, PHRI Prediksi Okupansi Hotel Menurun

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga seperti cabai, tomat, telur, hingga daging ayam. Kenaikan harga itu diprediksi lantaran permintaan di pasar yang cukup tinggi.

"Tapi untuk kebutuhan pokok lain seperti beras, gula, minyak, hingga tepung terigu harganya masih stabil," katanya, Kamis (24/12/2020).

Untuk harga daging ayam boiler sendiri, saat ini dibandrol Rp 36 ribu perkilogramnya atau naik Rp 1.000 dibanding harga di hari sebelumnya. Kenaikan juga terjadi pada harga ayam kampung dari yang semula dibandrol Rp 62 ribu perkilogram kini menjadi Rp 63 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk harga daging sapi turun sedikit, dari yang sebelumnya Rp 114 ribu perkilogram kini menjadi Rp 113 ribu perkilogram. Selanjutnya untuk harga cabai keriting di beberapa pasar rakyat di Kota Malang rata-rata dibandrol Rp 57 ribu perkilogram dari harga semula Rp 55.200 perkilogram.

Kemudian untuk harga cabai biasa dibandrol Rp 55 ribu perkilogram mengalami kenaikan dari harga sebelumnya yang sebesar Rp 54 ribu. Selanjutnya untuk cabai rawit yang semula dibandrol Rp 41.800 perkilogram kini seharga Rp 41.333 perkilogram.

Baca Juga : Mendekati Nataru 2021, Okupansi Penginapan Kota Batu Belum Sampai 40 Persen

Berikutnya harga tomat dibandrol sebesar Rp 12.333 perkilogram dari yang sebelumnya Rp 12 ribu perkilogram. Harga kentang juga alami kenaikan dari sebelumnya Rp 12.400 perkilogram kini dibandrol Rp 13 ribu perkilogram. Begitu juga dengan harga buncis yang semula Rp 9.600 perkilogram kini dibandrol Rp 10 ribu perkilogram.

Beberapa produk ikan seperti ikan segar dan ikan asin juga turut mengalami kenaikan harga. Untuk ikan bandeng yang sebelumnya dibandrol Rp 31 ribu kini dibandrol Rp 32 ribu. Begitu juga dengan ikan kembung yang kini dibandrol Rp 32 ribu perkilogram dari yang sebelumnya Rp 31 ribu. Ikan tuna yang sebelumnya seharga Rp 36 ribu perkilogram kini menjadi Rp 37 ribu perkilogram. Sedangkan ikan asin teri kini dibandrol Rp 95 ribu perkilogram dibanding sebelumnya Rp 92 ribu perkilogram.

Sementara untuk beras rata-rata dibandrol Rp 12 ribu perkilogram, minyak goreng kemasan Rp 14 ribu per liternya, gula pasir Rp 12 ribu perkilogram, dan tepung terigu dibandrol Rp 8 ribu perkilogram.

Topik
Harga Komoditas Naik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru