79 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemkot Batu, Tiga Kuliah di Luar Negeri

Dec 24, 2020 10:52
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan arahan kepada calon mahasiswa penerima beasiswa di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan arahan kepada calon mahasiswa penerima beasiswa di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani.

MALANGTIMES - Tahun 2020 ini Pemkot Batu memberikan beasiswa perguruan tinggi kepada 79 mahasiswa di Kota Batu. Dari jumlah tersebut, jurusan pertanian yang mendominasi dibandingkan jurusan lain.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih mengatakan, beasiswa perguruan tinggi itu didominasi jurusan pertanian dengan jumlah 42 mahasiswa. Lalu ada 13 mahasiswa dari jurusan pariwisata. Sisanya, 24 mahasiswa, mengambil jurusan lain.

Baca Juga : Kemendikbud Luncurkan Program Baru, Siswa SMK Bisa Lanjut D2 Jalur Cepat

“Dari jurusan yang diambil itu, beasiswa perguruan yang diambil  mulai darj jenjang D3/ D4/ S1 dan S2. Baik yang ada di luar negeri maupun dalam negeri,” ucapnya.

Beberapa jurusan tersebut tersebar di perguruan tinggi luar dan dalam negeri. Antara lain di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Merdeka  Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

“Ada juga tiga mahasiswa kuliah di Universitas Airlangga. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga ada tiga mahasiswa. Di luar Jawa Timur, ada juga yang ke Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung ada 5 orang. Sisanya 3 orang di luar negeri, di Tiongkok, Rusia, Arab Saudi,” tambah Eny.

Jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa antara tahun 2020 dan 2019 lalu  berbeda. Tahun ini ada tambahan 8 mahasiswa. Jika  2019 silam yang menerima 71 orang, 2020 sebanyak 79 mahasiswa. Total anggarannya Rp 300 juta.

“Beasiswa perguruan tinggi ini ada sejak tahun 2014 lalu, dengan jumlah setiap tahunnya mendapatkan berbeda-besa. Yang jelas terus bertambah,” terang Eny.

Baca Juga : Unisma Kampus Islam Terbesar, Rektor: Semua Civitas Punya Semangat Selaras Jadi Terbaik

Menurut dia, setiap tahun memang ada peningkatan penerima beasiswa karena adanya kemampuan anggaran daerah yang lebih. Jumlah yang didapatkan setiap mahasiswa juga berbeda-beda.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, beasiswa perguruan tinggi diberikan untuk mencerdaskan warga Kota Batu terutama bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang  perguruan tinggi.

“Sektor pendidikan juga menjadi konsen Pemkot Batu. Sehingga kami berupanya memberikan yang terbaik bagi mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun terhalang biaya,” ujarnya.

Topik
Beasiswa Pemkot Batumahasiswa kota batuDinas Pendidikan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru