Unisma Kampus Islam Terbesar, Rektor: Semua Civitas Punya Semangat Selaras Jadi Terbaik

Dec 15, 2020 18:25
Rektor Unisma Prof. dr. H. Masykuri Bakri, M. Si
Rektor Unisma Prof. dr. H. Masykuri Bakri, M. Si

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi salah satu kampus Islam terbesar di Malang Raya. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh kampus yang berada di kawasan Dinoyo, Kota Malang, tersebut. Hal itu tak lepas dari berbagai upaya dan sinergi seluruh civitas akademika Unisma Malang.

Bukan hanya berprestasi dalam kancah nasional, Unisma bahkan bersiap menjadi kampus skala internasional. Berbagai fasilitas pembelajaran, mulai dari laboratorium, kelas yang bersih dan nyaman, hingga perpustakaan terbaik se-Indonesia, tampaknya menjadi salah satu alasan Unisma menorehkan banyak prestasi.

Baca Juga : Rektor UIN Malang Tak Mau Gegabah Selenggarakan Pembelajaran Tatap Muka

 

Rektor Unisma  Prof Dr H Masykuri Bakri MSi dalam kesempatan bincang santai program Times Talk pun bercerita banyak mengenai keberhasilan Unisma. Salah satu kunci keberhasilan yang dibagikan alumni Fakultas Tarbiyah Unisma Malang tersebut adalah semangat untuk menjadi yang terbaik.

Selain itu, sebagai pimpinan, Masykuri juga selalu menunjukkan sikap tegas dan mengikuti setiap kebijakan yang dilakukan kampus. Termasuk pada hal yang paling mendasar sekalipun. Sehingga, secara tidak langsung, seluruh civitas akademika Unisma akan bergerak dan memiliki semangat yang selaras untuk membangun kampus yang terbaik.

"Jangan hanya kebijakan itu didengarkan saja dan didokumentasikan, tapi juga harus dilakukan," tandasnya.

Semangat bekerja untuk kemajuan kampus dan umat itu pun selalu ditularkan kepada seluruh civitas akademika Unisma. Bahkan, ia sama sekali tak malu turun ke lapangan dan menjadi mandor dadakan dalam sebuah proyek pembangunan dan infrastruktur di dalam kampus.

"Jadi, biar cepat pembangunannya. Saya pantau sendiri kalau ada pembangunan," ungkapnya lalu tertawa dan menunjukkan sederet keberhasilan pembangunan fisik di kampus Unisma.

Bukan hanya itu. Sederet fasilitas menarik dan lengkap juga telah dipersiapkan. Fasilitas pembelajarannya pun lengkap, mulai dari laboratorium, ruang pembelajaran yang bersih dan nyaman, hingga perpustakaan megah yang didesain berbeda dengan perpustakaan pada umumnya.

Khusus untuk perpustakaan, bahkan di lantai paling bawah disediakan sebuah kafetaria. Mahasiswa pun bebas memesan minuman dan membawanya ke tempat membaca. Tapi dengan catatan, harus menjaga kedisiplinan dan kebersihan.

Setiap lantai perpustakaan pun memiliki desain interior yang berbeda. Ada yang bernuansa seperti kafe dan ruang outdoor. Pencahayaan dan penataan rak buku pun tertata sangat rapi dan menarik. Di dalamnya juga banyak fasilitas yang akan memanjakan proses belajar.

Baca Juga : Unmer Tetap Adakan Wisuda Tatap Muka, seperti Acara Pernikahan

 

"Boleh bawa minuman. Ini didesain nyaman. Mahasiswa pun betah belajar dan itu akan berpengaruh pada prestasi kampus dan mahasiswa itu sendiri," jelas Masykuri.

Bukan hanya itu. Perpustakaan juga menyediakan ruang meeting yang bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi mahasiswa. Ruang meeting pun tak hanya satu atau dua ruangan, melainkan lebih dari itu dan selama ini memang banyak dimanfaatkan mahasiswa. "Bisa untuk ormawa dan mahasiwa berdiskusi bersama," katanya.

Selain fasilitas pembelajaran, area kampus juga semakin dipercantik. Bukan hanya sekadar percantik dengan deretan spot foto unik dan bersih, melainkan setiap sisi juga memiliki filosofi dan makna. Sebab, setiap spot foto juga dilengkapi dengan banuak kata-kata bijak.

Dengan suasana kampus yang bersih, konsep taman yang berbeda di setiap sisi, dan fasilitas belajar yang memadai, Masykuri berharap Unisma akan mampu menjadi bagian pembangunan negeri. Salah satunya dengan menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan selalu bermanfaat.

Nah, penasaran seperti apa perbincangan MalangTIMES dengan Rektor Unisma Prof.Dr H Masykuri Bakri MSi? Selengkapnya saksikan Times Talk di channel YouTube JatimTIMES.

 

Topik
Universitas Islam Malang (Unisma)civitas akademika Unisma MalangRektor UnismaProf Dr H Masykuri Bakri MSiTimes Talk

Berita Lainnya

Berita

Terbaru