Trending di Google, Siapa Sosok Budi Sadikin yang Dinilai Cocok Gantikan Terawan Agus?

Dec 22, 2020 09:08
Budi Gunadi Sadikin (Foto: indonews.id)
Budi Gunadi Sadikin (Foto: indonews.id)

MALANGTIMES - Nama Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mendadak menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Bahkan namanya masuk dalam deretan pencarian Google Trending pagi ini Selasa (22/12/2020).

Baca Juga : Menag Fachrul Razi Tunjuk Habib Luthfi sebagai Penasihat, Ini Alasannya

Pasalnya, Budi Gunadi Sadikin digadang-gadang akan menjadi Menteri Kesehatan baru menggantikan Terawan Agus.  

Hal ini disampaikan oleh ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono melalui akun Twitternya @drpriono1.  

Dalam cuitannya, Pandu menyebut jika Budi memiliki visi dan semangat secepatnya dalam mengatasi pandemi Covid-19.  

Terkait latar belakang Budi, Pandu lantas mengatakan jika seorang menteri kesehatan tak perlu berasal dari seorang dokter untuk mereformasi manajemen dan sistem kesehatan publik yang disebutnya lumpuh.

"Budi Gunadi Sadikin punya visi & semangat atasi Pandemi secepatnya. Kesa pd kinerja kemenkes & Satgas. Budi layak jadi MENKES yg baru, ia punya cita2 16 juta vaksinasi dilakukan sebulan. Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen & sistem kesehatan publik yg lumpuh," kata Pandu.

Sebelumnya, nama Budi ini memang digadang-gadang menggantikan posisi Terawan Agus. Saat ini diketahui Budi menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Tohir.  

Mengenal sosok Budi Sadikin.

Baca Juga : Beredar Isu Wali Kota Risma Dapat Tawaran Jabat Menteri Sosial, PDIP Angkat Bicara

Melansir melalui situs resmi Kementerian BUMN, Budi lahir pada 6 Mei 1964. Ia ditunjuk sebagai Wamen BUMN sejak 25 Oktober 2019.  

Ia meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988, Sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultat (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

Sebelum menjabat sebagai Wamen BUMN, Budi sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (2013-2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017), dan Direktur Utama PT Inalum (Persero) (2017-2019).

Kini Budi tengah mengemban tugasnya dan dipercaya oleh Jokowi sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) dan terlibat langsung dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

 

Topik
budi gunadi sadikinKemenkes RIMenteri KesehatanReshuffle Kabinet

Berita Lainnya

Berita

Terbaru