Fakultas Ekonomi Lakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Perbankan Syariah

Dec 18, 2020 11:25
Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang. (Foto: Humas)
Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) melakukan Asesmen Lapangan untuk akreditasi Prodi S1 Perbankan Syariah, Jumat (18/12/2020). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari hingga Sabtu (19/12/2020).

Dekan Fakultas UIN Malang Dr Nur Asnawi MAg menyatakan, visitasi itu merupakan hal yang sangat penting bagi Fakultas Ekonomi.

Baca Juga : Kemendikbud Luncurkan Program Baru, Siswa SMK Bisa Lanjut D2 Jalur Cepat

 

"Visitasi ini merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan dalam rangka untuk perbaikan secara terus menerus guna mendukung kelancaran kebaikan dan kemajuan Fakultas Ekonomi ke depan," katanya.

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg menjelaskan, Perbankan Syariah menjadi sangat penting untuk kepentingan bersama dalam mewujudkan kampus yang ideal. Kata dia, UIN Malang sudah banyak bekerja sama dengan perbankan, bahkan ada beberapa membantu pengelolaan keuangan kampus.

"Eksistensi perbankan syariah (S1) dibutuhkan oleh masyarakat, terutama mengelola perbankan sesuai ajaran Islam. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya akreditasi Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi ini diharapkan mampu menjadi salah satu prodi unggulan kampus UIN Malang. Selain itu, ke depan semoga ada program studi lanjutan yakni S2 Perbankan Syariah di kampus UIN Malang," paparnya.

Salah satu Asesor, Dr Agus Purwanto SE MS Akt dari Universitas Diponegoro mengungkapkan, asesmen lapangan diselenggarakan secara daring. Meski demikian, ini hampir sama dengan asesmen yang dilaksanakan secara luring.

"Dengan kondisi pandemic yang masih belum berakhir, akhirnya kami menyelenggarakan asesmen lapangan secara daring. Tetapi, asesmen lapangan yang dilakukan daring ini sesungguhnya hampir sama dengan yang dilaksanakan secara luring," ungkapnya.

Baca Juga : Unmer Tetap Adakan Wisuda Tatap Muka, seperti Acara Pernikahan

 

"Ada beberapa item yang harus disiapkan dalam assesmen lapangan seperti bukti-bukti dokumen yang ada di borang, wawancara dengan alumni, mahasiswa maupun dosen, dan masih banyak lagi yang harus ditunjukkan saat asesmen berlangsung. Diharapakan asesmen ini nantinya berjalan dengan sebaik-baiknya dan tidak terjadi kendala apapun," sambungnya.

Asesor Dr Hikmah Endraswati SE MSi Akt dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menambahkan, asesmen lapangan ini merupakan tindak lanjut dari borang yang sudah dikirimkan ke BAN-PT.

"Nantinya kami mengkonfirmasi kondisi fakta dan data di lapangan apakah sesuai dengan borang akreditasi Prodi Perbankan Syariah UIN Malang. Kami berharap asesmen lapangan dapat berjalan lancar dan sukses serta mendapatkan hasil yang terbaik untuk kemajuan prodi Perbankan Syariah (S1) Fakultas Ekonomi UIN Malang," tandasnya.

Topik
UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru