Kabar Gembira, Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Gratis

Dec 16, 2020 14:33
Presiden Joko Widodo (Foto: Bisnis.com)
Presiden Joko Widodo (Foto: Bisnis.com)

MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan vaksin covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia akan diberikan gratis.  Keputusan ini diambil setelah Jokowi mendapat banyak masukan dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi melalui video yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).  

Baca Juga : Berikut Daftar Prioritas Pertama Penerima Suntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia

Selain dari masukan masyarakat, keputusan ini juga diambil setelah pemerintah menghitung ulang keuangan negara.   "Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," ucap Jokowi. "Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," tegasnya lagi.

Keputusan ini juga diiikuti dengan instruksi kepada jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga telah memberikan arahan kepada pemerintah daerah.

"Untuk itu, saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," kata Jokowi.

Terkhusus, Jokowi memberikan arahan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani lantaran meminta agar anggaran lain direalokasi untuk anggaran vaksinasi covid-19 gratis.  

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia, Dinkes Kota Malang Persiapkan Faskes dan SDM Pelaksana

Diketahui, saat ini Indonesia telah memiliki 1,2 juta vaksin Sinovac buatan China. Pasokan vaksin selanjutnya akan datang menyusul.  

 

Topik
Presiden Joko WidodoVaksin Covid 19vaksin covid 19 gratis

Berita Lainnya

Berita

Terbaru