Vaksin Covid-19: DPRD Kota Batu Dorong Pemkot Gratiskan Vaksinasi

Dec 16, 2020 12:55
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES - Terkait pemberian vaksinasi gratis yang ramai dibicarakan membuat DPRD Kota Batu  ingin mendorong agar pemberian vaksin secara gratis. Sebab, Pemkot Batu dinilai memiliki potensi yang tinggi untuk memfasilitasi 250 ribu penduduknya.

"Rencana akan kami usulkan dalam pembahasan hasil evaluasi gubernur atas APBD 2021 nanti. Potensinya besar untuk menggratiskan seluruh warganya," ujar Wakil DPRD 1 Kota Batu Nurrochman, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga : Kapasitas Shelter Isolasi di Kota Batu Aman, Hari ini Pasien Covid-19 Sembuh 20 Orang

Wakil DPRD 2 Kota Batu Heli Suyanto, juga menyetujui mendorong pemkot untuk menggratiskan vaksin bagi seluruh masyarakat Batu.

"DBHCT (Dana Bagi hasil Cukai dan Tembakau) bisa digunakan untuk sumber biayanya. Karena selama ini memang DBHCT Kota Batu selalu menjadi SILPA karena penggunaan juklak dan juknis yang ribet. Maka itu bisa digunakan. Karena selain bisa meringankan beban masyarakat, penggunaan DBHCT juga bisa mengurangi nilai SILPA yang terjadi setiap tahunnya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, menerangkan, Kota Batu sendiri tidak bisa berkomentar banyak mengenai penggratisan vaksinasi tersebut.

"Terkait itu, kami masih menunggu petunjuk dari pusat," ujarnya.

Namun, ia menekankan pada vaksinasi tahap pertama akan digratiskan. Hal ini dikarenaka pemkot telah memiliki anggaran untuk vaksinasi tersebut. 

"Tahap pertama prioritasnya ke nakes, TNI, Polri, dan pelayan masyarakat. Untuk selanjutnya menunggu arahan pusat," ujarnya.

 

 

Topik
Vaksin Covid 19DPRD Kota BatuPemkot BatuGratiskan Vaksinasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru