Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Overload, Bupati Malang Sanusi Buka Opsi Rumah Sakit Lapangan

Dec 14, 2020 19:11
Bupati Malang Sanusi (pakai peci) saat menjabarkan opsi pembukaan RS Lapangan Covid-19 di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang Sanusi (pakai peci) saat menjabarkan opsi pembukaan RS Lapangan Covid-19 di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejumlah Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang dikabarkan sudah Overload. Pernyataan itu diutarakan langsung oleh Bupati Malang, Sanusi usai menghadiri agenda pemerintahan di salah satu rumah makan yang ada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (14/12/2020).

”Sekarang ini Overload semua, di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kanjuruhan mulai kemarin saya monitor sudah penuh, sudah banyak (pasien Covid-19),” ungkapnya.

Baca Juga : Penuh, Pemkot Malang Belum Ada Rencana Tambah Bed di Rumah Isolasi Covid-19

Terkait keberadaan Rumah Sakit rujukan Covid-19 yang sudah Overload, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku bakal segera berkoordinasi dengan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Jatim (Jawa Timur), untuk pengadaan Rumah Sakit Lapangan di Kabupaten Malang.

”Ini (Rumah Sakit rujukan Covid-19 yang sudah Overload) harus segera dicari solusinya, maka nanti kita koordinasikan dengan Ibu Gubernur (Jatim). Barang kali nanti Gubernur bisa mencari solusi, untuk Rumah Sakit Lapangan itu akan kita (Pemkab Malang) bikinkan,” terangnya.

Jika opsi pembukaan Rumah Sakit Lapangan untuk pasien Covid-19 ini disetujui Pemprov, maka Sanusi akan menyediakan Rusunawa (Rumah Susun Sewa) ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

”Saya (Pemkab Malang) punya Rusunawa, kalau memang Gubernur nanti mau dibikinkan Rumah Sakit Lapangan, ada 80 kamar itu (di Rusunawa ASN) yang bisa kita pakai,” ungkapnya.

Kendati saat ini sudah ada Rumah Sakit Lapangan untuk Covid-19 di Kota Malang, namun keberadaan Rumah Sakit Lapangan di Kabupaten Malang tetap dibutuhkan, mengingat sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang saat ini telah Overload.

Baca Juga : Tambah 10 Orang, Pasien Sembuh di Kabupaten Malang Didominasi dari Singosari

”Rumah Sakit Lapangan sendiri, nanti di Kota Malang ada, dan di Kabupaten Malang juga ada. Karena memang lonjakannya luar biasa, tanpa itu (Rumah Sakit Lapangan) Rumah Sakit kita kesulitan (menampung pasien Covid-19),” keluhnya.

Di sisi lain, untuk keberadaan Nakes (Tenaga Kesehatan), Sanusi mengaku sudah meminta bantuan dari Pemrov Jatim. ”Nakes-kan dibantu Gubernur. Tenaga kesehatan kita di (RSUD) Kanjuruhan sudah tidak cukup, di masing-masing puskesmas juga sudah tidak cukup semua,” tukasnya.

Topik
Covid 19Berita MalangBUPATI MALANG

Berita Lainnya

Berita

Terbaru